DIMANA LETAKNYA LANGIT..?

"Assalamu’alaikum.." sapaku yg sudah berada di hadapan
guruku

"wa’alaikum salam.." jawabnya yg masih asik
mengerjakan sesuatu di meja kerjanya

"ini tolong..bapak aja dech yg simpan..?" ucapku
sambil kuserahkan beberapa berkas surat berharga milik
pribadiku

"lho..memangnya kenapa..?" tanyanya penuh selidik
sambil menurunkan kaca matanya

"yaa..kalau tiba2 ada apa2 denganku, kan..bapak bisa
belain anak2ku.."komentarku spontan

"emang kamu pikir, terima amanat itu gampang..?!"
protesnya sambil melihat serius ke arahku

"yaa..karena aku tahu pegang amanat itu susah, makanya
aku suruh bapak yg pegang ini amanat ..?" ucapku
senyum2 melihat wajah protesnya dan sebelum keluar
protes lagi dari mulutnya

"sudahlah..nda usah ribut, aku mau bapak yg pegang
ini, andai ada apa2 sama aku, maka bapak bisa belain
anak2ku..oh iya..aku masih penasaran dengan komentar
bapak tentang langit, kenapa menurut bapak, langit itu
bukan di atas..?" tanyaku langsung yg penasaran karena
komentarnya tentang langit.

"lalu..kenapa menurutmu langit itu di atas.?" Tanyanya
balik padaku

"bukan menurutku, tapi al-qur'an yg bicara, kalau
langit itu di atas.." protesku lagi

"di atasnya siapa..?memang al-qur'an di tulis khusus
untuk kamu..?!" komentarnya lagi

"ya enggaklah.." dan belum sempat aku meneruskan
pembicaraanku

"lalu..kenapa kamu bilang langit itu di atas..?!"
tanyanya terus

"hmm..menurut al-qur’an langit itu sebagai atap,
berarti atap kan ada di atas.." tanyaku yg mulai
bingung

"iya..dari tadi saya tanya, atasnya siapa..?memang
al-qur’an itu ditulis hanya untuk kamu apa..?!"
protesnya lagi

"pak..menurut al-qur’an langit itu tempat dimana
diturunkannya hujan, berarti kan..tempat turunnya
hujan itu ada di atas..karena aku nda pernah lihat ada
hujan yg keluar dari dalam bumi dan setahuku bumi itu
ada di bawahku.." argumenku panjang lebar

"coba terangkan pada saya, sirkulasi penyebab turunnya
hujan.." tanyanya mulai serius

"matahari menguapkan air dari dalam bumi dan
mengumpulkannya di awan, baru kemudian diturunkan
menjadi hujan.." kataku pelan karena mulai terasa ada
yg aneh di pikiranku

"so..yg menurunkan hujan itu langit atau awan..?"
reaksinya cepat sambil senyum2 ke arahku

"tahu ah..yg menurunkan hujan itu Allah lah.." kesalku
yg selalu dibuat bingung oleh guruku

"tuch lihat..saya tanya serius, tadi kamu bilang
langit itu tempat di mana hujan di turunkan, tapi
barusan kamu bilang awan yg menyimpan air dan turunkan
jadi hujan..jadi gimana dong cing.. langit atau awan
yg turunkan hujan..?"

"habis bapak aneh..aku kan nda tahu, makanya aku tanya
sama bapak, kenapa menurut bapak langit itu bukan di
atas, sedangkan semua orang tahu kalau langit itu
tempatnya diatas, bukannya di terangin malah aku
dibuat bingung sama bapak.." protesku kesal

"makanya saya tanya, memang al-qur'an itu ditulis
untuk kamu doang apa..?terus kalau saya jungkir balik,
kepala saya di bawah dan kaki saya di atas, kamu masih
mau bicara kalau langit di atas yg kamu tunjuk itu..?"
komentarnya yg sudah berdiri dari tempat duduknya dan
berusaha memperagakan omongannya

"yeee..kurang kerjaan banget sich..pake jungkir balik
segala..?! terus..menurut bapak, bapak yg benar dan
orang yg mengatakan langit itu ada di atas situ
salah..?!" protesku

"hehehe..terserah.. ?menurut saya, saya yg benar,
kalau menurut kamu langit itu di atas yg kamu tunjukin
itu ya..silahkan aja..kan saya juga nda maksa kamu
untuk ikutin saya..? tapi menurut saya, langit itu
bukan yg kamu tunjukin itu..?" komentarnya sambil
tertawa2 menggangguku

"memang, bapak tahu..langit itu dimana..?" pancingku
acuh

"hehehe..tahu dong..?!saya tahu unsur apa aja yg ada
di langit, saya juga tahu masa berputarnya bumi,
matahari dan unsur2 di dalamnya, berdasarkan ilmu
pengetahuan yg saya pelajari " komentarnya sambil
mengangguk-anggukan kepalanya meledekku

"jadi menurut bapak, langit itu dimana dong..?!"
tanyaku penasaran

"sekarang bumi itu ada di mana menurut kamu.?"
Tanyanya balik

"yg kita injak dong..?!" jawabku cepat

"manaaa..yg kamu injak itu lantai..?!" protesnya keras

"yeee..tuch bumi tuch..yg tempat tumbuhnya
pohon2.."komentarku sambil menunjukkan tangan ke luar
jendela

"oohh..jadi yg tidak tumbuh pohon itu, berarti bukan
bumi..?!"

"ya enggaklah..itu bumi juga..?!" jawabku kesal

"terus..bumi itu bentuknya kotak atau apa..?!"
pancingnya lagi

"aaahhh..bumi itu bentuknya bulat..?!" kesalku

"dari mana kamu tahu bumi itu bentuknya bulat..?!"
kejarnya terus

"yaa..menurut penelitian orang2 spt bapak itu, dan aku
juga pernah lihat gambarnya bumi waktu masih sekolah
dulu, dan menurut penelitiannya bumi itu bulat..?!"
jawabku komplit

"sekarang coba sebutkan yg termasuk benda2 langit..?!"
tanyanya lagi

"bulan, bintang, matahari, planet2..upsst..bentar
pak..bentar.." mulai terbuka yg ada dikepalaku dan aku
sudah mulai tersenyum2 dan melanjutkan komentarku

"Yup!! Ada 9 planet dan bumi termasuk salah satu
planet di dalamnya..hehehe.." yakin aku sudah
menemukan jawabannya dan kuambil alat tulis yg ada di
meja guruku dan aku meminta kertas untuk ku buat
coret2an yg ada di kepalaku

"mau apa kamu..? kamu mau gambar apa tuch..?"
protesnya yg melihat aku sedang asik membuat bulatan2
di kertas coretan yg diberikannya

"yess!! Aku dah tahu..sekarang, kalau bumi itu ada di
dalam langit..? berarti langit itu bisa diatas dan
bisa juga di bawah ya pak..karena letak bumi kan ada
di dalam langit..?!" analisaku yg meminta pembenaran
darinya

"tahu dech..?! tuch lihat..kamu sudah punya
pengetahuan tentang bumi itu bulat, dan kamu juga
punya pengetahuan tentang nama2 planet dan benda2
langit, tapi kamu masih mau katakan kalau langit itu
ada di atas..?!" jawabnya serius melihat ke arahku dan
masih melanjutkan pembicaraannya

"kamu tahu bumi itu bulat.." komentarnya sambil
mengepalkan tangannya yg dianalogikan sebagai bumi dan
beliau masih terus berbicara

"kamu tahu jarak antara AS dengan Indonesia..?"
tanyanya padaku dan cepat ku gelengkan kepalaku

"jarak antara AS dengan Indonesia itu adalah 3500Km,
dan kalau bumi itu bulat, berarti letak AS itu ada di
bawah Indonesia, kalau kamu bilang langit itu ada di
atas, tapi bagi AS  yg kamu injak itulah adalah
atasnya AS.?!" Penjelasannya serius sambil
memperhatikanku yg serius mendengarkan dan sambil
kuangguk2an kepalaku dan beliau masih terus berbicara

"sekarang..gimana hubungannya antara langit dengan
bumi menurut kamu itu..?!" tanyanya lagi ke arahku

"hehehe hubungannya baik2 aja tuch..?" candaku yg
melihatnya mulai serius

"tuch lihat..ditanya benar2 sekarang jawabnya
gitu..?sekarang hubungannya langit dengan awan juga
baik2 aja ya..?" protesnya yg sudah kembali senyum2
melihat aku yg sudah tertawa2 melihat kesalnya

"hehehe..iya..semua hubungannya baik2 aja, kalau nda
baik..kan dah hancur..? habis..bapak ditanya malah
jawabnya buat pusing aku aja sich..?!" protesku
senyum2 sambil asik melihat2 gambar yg sudah aku buat
dan pikirku sudah menerawang jauh membayangkan luasnya
langit

salam
hana

Don't pick lemons.
See all the new 2007 cars at Yahoo! Autos.
http://autos.yahoo.com/new_cars.html

Kirim email ke