http://www.media-indonesia.com/

  Senin, 07 Mei 2007 21:19 WIB
INTERNASIONAL  ยป  Timur Tengah
Warga Israel Sempat Terjebak di Teheran

  YERUSALEM--MIOL: Seorang penumpang pesawat berkewarganegaraan Israel melalui
beberapa jam dengan penuh ketegangan di Iran, musuh lama Israel, setelah
pesawatnya melakukan pendaratan darurat.

  Ternyata, para petugas keamanan Iran menyampaikan selamat jalan dengan salam
hangat bahkan memberi cenderamata.

  "Selama satu jam pertama saya takut setengah mati," Benny Medvedev, kepada
surat kabar Yedioth Ahronoth sesudah tiba Mumbai (Bombai), Sabtu (4/5).

  "Tetapi dengan segera saya tersadar bahwa orang Iran bukan orang jahat."

  Israel dan Iran tidak mempunyai hubungan diplomatik atau transportasi sejak
revolusi Islam 1979.

  Tidak terdengar adanya warga Israel berkunjung ke Iran, kecuali beberapa
warga Israel keturunan Iran yang ingin bertemu anggota keluarga mereka di Iran.

  Israel sudah menyuarakan kecemasan atas program nuklir Iran sedangkan
Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad, sudah meminta negara Yahudi itu dihapus
dari peta.

  Medvedev mengatakan, Turkish Airlines yang dia naiki berangkat dari Istambul
dengan tujuan India, namun pesawat itu melakukan pendaratan yang tak
dijadwalkan pada Jumat (3/5) di Teheran, akibat masalah teknis.

  Warga Israel yang cemas itu membujuk pilot untuk membolehkannya tinggal di
pesawat selama mendarat, namun pilot menolak.

  "Lima menit setelah mesin dimatikan, pejabat keamanan Iran naik ke pesawat,
berjalan lurus ke arah saya dan membawa saya," kata Medvedev, satu-satunya
warga Israel di antara 123 penumpang.

  Petugas itu mengatakan kepadanya: "Kami tahu bahwa anda orang Israel, tapi
anda tidak perlu khawatir."

  Medvedev, seorang peneliti akademis yang juga anggota militer cadangan
Israel, mengatakan dia boleh tinggal bersama penumpang lain di ruang transit
bandara selama pesawat diperbaiki.

  Petugas keamanan Iran bahkan memberinya sebuah cendera-mata - sebuah kotak
kayu berukir yang dihiasi dengan ukiran bergambar tentara, katanya.

  "Mereka mempersilakan saya mengunjungi Teheran lagi dan saya ajak mereka ke
Israel dan saya akan membawa mereka untuk melihat Yerusalem." (Rtr/Ant/OL-06)