Harus ditegaskan bahwa pengamat ini bukanlah pengamat
dari segi super-natural, tetapi murni natural. Saya
penganut kental 'keyakinan kuasa Tuhan', tetapi dapat
mencari tahu UFO-natural, dengan asumsi bahwa UFO itu
adalah 'kecil' dibandingkan dengan super-natural,
sehingga wajar-wajar saja ditelusuri oleh taraf akal
manusia. Super-natural adalah melampaui (segala) akal
manusia, dan jangan diakal-akali. Tetapi eksistensi
UFO, adalah sesuatu yang 'mungkin' diketahui besok,
tahun depan atau seribu atau tiga ribu tahun ke depan.

Perkembangan teknologi yang menghasilkan Borobudur
atau piramid di Mesir, sudah luar-biasa pada zamannya.
Teknologi yang menghasilkan hand-phone saat ini adalah
'ajaib' pada tahun 1950an, tatkala tokoh komik Flash
Gordon digambarkan dapat berkomunikasi jarak-jauh
dengan antena di kepala (pada sebuah helmet). Kala itu
komunikasi hand-phone (yang kemarin pagi dibeli tukang
gali bangunan di belakang rumah saya, katanya harganya
tidak mahal, cuma hasil nggali empat hari), masih
merupakan 'mimpi'.  Jadi, fenomena UFO adalah dalam
tataran akal sehat belaka.

Semoga makin banyak perhimpunan kita yang
mengembangkan analisis, mengumpulkan data serta
mencoba membangun pemahaman mengenai UFO ini.