Dari Mafioso Opium Menjadi Kampiun HAM Perisai Maestro Koruptor Harto

Yap Thiam Hien sangat populer sebagai pembela HAM, bahkan dengan
beraninya sebagai keturunan Cina menyerang Maestro Koruptor Suharto,
padahal siapapun yang lainnya akan hilang diculik tuyul apabila berani
melakukan hal yang sama seperti Yap Thiam Hien.

Kenyataan2 ini bisa dianalisa bahwa YTH adalah kaki tangan Suharto
yang menempatkan dirinya dipihak opposisi.  Tugasnya, men-jelek2an
Suharto melalui kesalahan2 kecil yang di-besar2kannya, dengan tujuan
menutupi kesalahan2 besarnya untuk membuat se-olah2 terhapuskan.

Tugas menjadi perisai hukum bagi Suharto berhasil selesai
diperankannuya, hubungan kekeluargaan terjalin baik, namun anak
keturunannya yang bukan ahli hukum tentu nya tidak bisa menggantikan
peranan sang ayah sebagai opposan sehingga tidak lagi dibebankan tugas
melindungi sang maestro.  Namun ketergantungan hidup tetap merupakan
hal yang sama, maka sang keturunan hanya bisa menyanjung, mendukung,
memuja, dan menutupi kesalahan2 sang maestro koruptor Suharto dengan
berbagai cara2nya sendiri.

Namun sang anak tersandung banyak sekali kesalahan2 dalam opininya
yang emosional, dia menuduh tulisan2 saya menghina dan memfitnah dan
minta bukti atas pernyataan2 saya diatas ini.  Tentu, dengan mudah
saya tunjukkan bagaimana kebanggaan keluarganya yang mengisi Wikipedia
dengan autobiografi keluarga YTH yang memang mulanya datang di
Indonesia sudah sebagai mafioso opium yang berkolaborasi dengan
Belanda dan juga dengan Gereja KATOLIK.

> "The Watcher" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Sbg org yg memiliki wawasan luas & memiliki latar belakang akademik,
> kita pasti tahu bahwa setiap penulisan karya ilmiah & hipotesis
> harus didasarkan pada hasil penelitian yg dpt dibuktikan maupun
> referensi umum yg telah terbukti. Jadi, karena hasil penelitian &
> analisis anda tdk terbukti, sewajarnya anda menyertakan referensi
> umum yg valid.

Tulisan karya ilmiah dan hipotesis saya yang mana yang anda maksudkan
sebagai penelitian ilmiah saya disini?  Anda pernah sekolah dimana?
Tahu enggak anda cara membedakan tulisan ilmiah dan opini2 ???

Millis disini bukan tempat menulis penelitian ilmiah melainkan tempat
berdebat dan mengadu opini atau memperdebatkan opini.  Enggak ada
tulisan2 ilmiah dan referensi2nya.

Kalo yang anda maksudkan response saya terhadap tuduhan YHG tentang
penghinaan kepada keluarganya, maka hal itu bukanlah tuliwsan ilmiah
juga bukan penelitian melainkan memang murni response atas tuduhan
fitnahnya yang katanya saya men-jelek2an keluarganya, padahal saya
tidak sama sekali men-jelek2annya.  Dia minta bukti tentang pernyataan
saya tentang keluarganya yang cenderung turun temurun selalu mencari
hubungan baik dengan penguasa untuk bisa tepuk dada mengamankan
kantong2 mata pencahariannya.  Tidak beda anak, ayah, dan kakek
buyutnya, kesemuanya memiliki ciri2 yang sama yaitu menjilat kekuasaan
meskipun keluarganya sendiri tidak pernah mampu menjadi penguasa.

Response itulah yang merupakan saya menujukan ke Wikipedia yang
meskipun isinya bisa dilihat dari dua sisi baik positive maupun
negative.  Namun jelas, saya membuktikan bahwa keluarga YTH turun
temurun tidak selalu positive, ada banyak negativenya yang dalam hal
ini merupakan bukti bahwa tidak men-jelek2annya.

Wikipedia bukanlah sumber yang selalu benar, namun untuk hal mengenai
autobiografi YTH saya bisa memastikan kebenarannya karena memang belum
pernah dibantah oleh keluarga YTH.  Bahkan besar kecenderungannya
bahwa autobiografi itu ditulis juga oleh keluarga mereka sendiri.

Jadi apanya yanbg salah ????  Ini bukan penelitian, ini juga bukan
hipothesis.

Namun secara keseluruhan membuktikan bahwa tidak ada satupun
pernyataan saya yang merupakan fitnah ataupun men-jelek2an, karena
kesemuanya ada dasarnya.

Ny. Muslim binti Muskitawati.

Kirim email ke