Mba Cindy,

Sedikit share tentang yang saya tahu tentang kejang pada anak ya. Dokter
cmiiw...
Kejang tanpa demam bisa terjadi karena epilepsi, gangguan elektrolit,
radang selaput otak (meningitis) dan radang otak (ensefalitis).

Gangguan elektrolit yang sering adalah natrium dan kalsium. Kejang dapat
disebabkan peningkatan atau kekurangan natrium serta kekurangan kalsium.

Epilepsi adalah serangan khas yang berlangsung secara intermitten tanpa
provokasi, dapat berupa gangguan kesadaran, tingkah laku, emosi, fungsi
motorik, atau sensorik akibat lepasnya muatan listrik yang belebihan di
syaraf otak.
Mungkin sebaiknya anak mba diperiksa EEG. EEG atau ElektroEnsefaloGrafi
pada intinya merupakan pemeriksaan penunjang diagnosa yang biasa
digunakan untuk merekam aktifitas listik/elektrik pada otak.
EEG biasa digunakan pada anak dengan riwayat kejang berulang atau pada
penderita epilepsi.
Pemeriksaan EEG termasuk pemeriksaan yg sangat sensitif untuk mencari
tahu ada tidaknya pola gelombang otak yang menunjukkan adanya epilepsi.

Salam,