From: milis-nakita@news.gramedia-majalah.com on behalf of Alan R. Tumbelaka
Sent: Thu 12/21/2006 7:53 AM
To: milis-nakita List Member
Subject: [milis-nakita] test mauntoux {02}

Itu adalah kelenjar getah bening yang berfungsi sebagai pelindung infeksi di
area tersebut, kalau ada batuk, radang tenggorokan atau luka2 kecil dikulit
sekitar daerah situ, kelenjar tsb membesar akibat peradangan. Bila kelenjar itu
di leher kiri/kanan, sering dihubungkan juga dengan infeksi bakteri kuman
penyebab penyakit TBC. Nah test Mantoux ini dimaksudkan untuk mentest apakah
anak anda mempunyai reaksi terhadap kuman tersebut. Kalau sudah pernah
diimunisasi BCG dengan baik, test ini akan memberi reaksi positif dengan ukuran
tertentu, sedang bila anak ibu sedang menderita TBC (yang sering disebut plek
paru) biasanya reaksinya berupa bercak kemerahan yang cukup besar (harus diukur
oleh dr). Jadi test Mantoux adalah screening saja yang bila untuk memastikan
sakit atau tidaknya akan diperiksa lagi lab dan foto roentgen dada si anak.

Salam

  dr. Alan R. Tumbelaka, SpA(K)
[EMAIL PROTECTED] , http://www.idai.or.id