Mba Meliana,

Bagaimana Lio, masih suka menangis tengah malam?
Menangisnya langsung 'kejer' gitu, atau mula2 merengek lama kelamaan
jadi kejer?
Saya dulu juga pernah mengalami masa2 dimana anak tidur malamnya seperti
itu. Tiap 1-2 jam bangun, merengek, tapi matanya masih terpejam.
Yang saya pikirkan saat itu mungkin dia kurang nyaman atau badannya
sedang tidak enak. Mungkin juga dia dia merasa kepanasan. Lalu saya coba
AC nya lebih didinginkan. Dan ternyata setelah itu dia nyenyak tidurnya.
Pernah juga dia tidur tdk nyenyak, dan ternyata memang tdk lama kemudian
dia common cold.
Pernah juga dia begitu karena sebelumnya tidak mau makan malam,
akibatnya dia lapar, sebentar2 bangun nangis.
Satu2nya obat manjur yaitu kalau dia terbangun langsung disusukan. Bagi
bayi menyusu ASI ibu kan adalah kenyamanan yg luar biasa buat dia. Jadi
begitu menyusu, dia merasa nyaman, dan bisa langsung tidur lagi.
Pada dasarnya, semua ada sebabnya, mba. Bisa kolik, bisa kecapaian abis
main, bisa mimpi buruk (bayi katanya juga sudah bisa mimpi lho...), bisa
banyak sebab.
Diobservasi terus saja. Nanti pasti ketemu penyebabnya.
Yang penting sebelum tidur, pastikan kondisi kamar nyaman, tidak panas,
sprei nyaman & bersih, tidak ada nyamuk atau hal2 lain yg mengganggu,
bayi tidur dalam keadaan tidak kelaparan. Lakukan 'ritual' sebelum
tidur, misal gosok gigi, ganti baju tidur, menyusu ASI sambil dibelai
mamanya.

Yang sabar ya, mba...

Hug buat Lio..