Dear Mbak Ditha ...

Untuk membiasakan menyusui asi lewat botol memang tidak bisa dilakukan secara
mendadak.
Pengalaman pribadi, 2 minggu sebelum kerja saya membiasakan untuk memberi asi
lewat dot di siang hari/jam kerja dan di malam harinya langsung dari puting.
Di awal memang aga rewel dan harus 'berantem' dulu. tapi lama kelama an dia
terbiasa sampai akhirnya tiba waktu ditinggal kerja.

Kalo Mbak Ditha pengen tetep punya asi banyak meskipun kerja, acara memerah asi
nya harus konsisten waktunya, misal per 3 atau 4 jam dikantor. Dirumah pun,
kalo baru 1 payudara (maaf) yang diberikan ke bayinya tapi dia sdh kenyang dan
langsung tidur, yang sebelah lagi sebaiknya di perah. Aga cape dan lelah
memang, tapi dengan cara seperti itu, alhamdulillah, saya bisa memberikan asi
sampai anak saya berumur 10 bulan tanpa susu formula.
Tentu saja ditunjang dengan makan dan minumnya.

Untuk masalah bingung putingnya, kalo kitanya sabar dan telaten, lama-lama
anaknya akan terbiasa qo Mbak.
Palagi kalo acara nge-dot nya dibarengi dengan kegiatan yang menyenangkan buat
bayinyanya, misalnya dinyanyi in, di ceritai dongeng, di gendong sambil
diliatin objek yang menarik minatnya dll tergantung kreatifitas pengasuhnya.
Mudah2an acara nangis dan cemberut sehariannya tidak akan berlangsung lama ya
*_^ ...

Maaf kalo tidak banyak membantu ...
Mamanya Naura