  From: Anna Surti Ariani Teguh Budiman
  To: milis-nakita@news.gramedia-majalah.com
  Sent: Friday, August 15, 2008 5:43 AM
  Subject: [milis-nakita] tidak mau ditinggal saat sekolah {02}

  Singkat saja Bu, sebetulnya menangis mengamuk hebat itu memang betul adalah
protes dia. Tapi tak berarti protes itu harus kita ikuti lho. Justru kalau mau
dia terbiasa ditinggal, sebelum berangkat ke sekolah kita sudah janjian bahwa
'sekarang mama tunggu di luar kelas aja ya.' Setelah itu walaupun dia menangis
hebat, Ibu tetap say bye2 sambil tersenyum manis, sementara gurunya yg pegang
si anak. Tentunya mesti kerjasama dengan guru supaya guru bisa membuat anak
senang di kelas. Sama sekali nggak usah pakai kekerasan dari siapapun.
Seringkali guru tidak bisa membantu karena orangtua yg 'menolak' bantuan.

  Kalau Ibu konsisten, tangisan hebat ini akan mereda dalam beberapa minggu
kok. Yg penting percaya saja bahwa anak kita akan oke2 aja bersama gurunya.
Kalau nggak konsisten, kemungkinan akan terus2an menangis hebat karena anak
tahu bahwa dia bisa memanipulasi orangtuanya lewat tangisan, sehingga ortunya
memberikan apa yang dia mau: 'menemani di kelas'. Good luck Bu! Kalau ada
pertanyaan lagi, silahkan lho.

  Nina
  Anna Surti Ariani, Psi.