> ----------
> From:         Hadi Puspa H.[SMTP:[EMAIL PROTECTED]]
> Sent:         Wednesday, April 21, 1999 10:27:37 AM
> To:   Milis Islam-ITB; Milis KAMMI
> Subject:      [ISLAM-ITB] [GFTI] Informasi beasiswa (barangkali ada
> manfaatnya?) (fwd)
> Auto forwarded by a Rule
> 
> 
> 
> ---------- Forwarded message ----------
> Date: Tue, 20 Apr 1999 11:53:47 -0000
> From: [EMAIL PROTECTED]
> Reply-To: [EMAIL PROTECTED]
> To: [EMAIL PROTECTED]
> Subject: [GFTI] Informasi beasiswa (barangkali ada manfaatnya?) (fwd)
> 
> ---------- Forwarded message ----------
> Date: Tue, 20 Apr 1999 19:59:50 +0000
> From: atmo <[EMAIL PROTECTED]>
> Reply-To: [EMAIL PROTECTED]
> To: [EMAIL PROTECTED]
> Subject: [P3FT LIPI] Informasi beasiswa (barangkali ada manfaatnya?)
> 
> Berikut saya sampaikan e-mail tentang beasiswa. Barangkali ada yang ingin
> tau?
> 
> Macam - macam beasiswa untuk studi ke Jepang
> 
> 1. Beasiswa dari Pemerintah Jepang (Monbusho = Ministry of Education,
> Science, Sports and
> Culture), sebut selanjutnya beasiswa Monbusho. Beasiswa ini menawarkan
> untuk
> program D2, D3, S1, S2, S3,
> Training guru, sekolah bahasa dan lain - lain. Beasiswa Monbusho ini di
> tawarkan melalui kedutaan besar Jepang di masing - masing
> negara yang mempunyai hubungan diplomatik dengan pemerintah Jepang. Semua 
> informasi tentang beasiswa Monbusho baik yang untuk
> program D2, D3, S1, S2, S3, Training guru maupun sekolah bahasa bisa di
> dapat di kedutaan besar Jepang di Jl.MH Thamrin, Jakarta.
> Untuk kasus di Indonesia ada sedikit perbedaan antara beasiswa tersebut.
> Untuk program D2, D3, S1 (beasiswa ini bebas dan tidak ada
> ikatan dinas, siapa saja bisa daftar tanpa kecuali), untuk beasiswa S2 dan
> S3, pemerintah Indonesia mensyaratkan peserta harus PNS
> (pegawai Negeri Sipil) atau karyawan BUMN. Peserta di luar PNS atau
> karyawan
> BUMN tidak bisa daftar.
> 
> Keterangan :
> Sebenarnya ini hanya persyaratan dari Pemerintah Indonesia, dari pihak
> Jepang tidak mensyaratkan demikian (harus PNS dan karyawan
> BUMN), di negara - negara lain seperi Korea, China, Malaysia,
> Singapura,^[$B%O^$
> German, Perancis, Swedia, US, Thailand, Philipine, Inggris
> dll tidak mengenal persyaratan khusus seperti kondisi di Indonesia.
> ^[$B%O^[(J
> Bagi yang bukan Pegawai negeri atau karyawan BUMN jelas - jelas tidak bisa
> ikut mendaftar beasiswa Monbusho S2 atau S3 di kedutaan
> Jepang. Tapi jangan kuatir, ada cara lain untuk mendapatkan beasiswa
> Monbusho ini.
> 
> Pemerintah Jepang memberikan beasiswa monbusho dengan dua cara :
> 
> a. Recommended by Embassy (dalam hal ini kedutaan besar Jepang di masing -
> masing negara yang memproses dan bekerja sama
> dengan pemerintah masing-masing negara), kalau Indonesia ya seperti yang
> sudah di tulis di atas. Selain PNS atau karyawan BUMN tidak
> bisa mendaftar dengan cara ini. Pendaftaran beasiswa ini bisa dilakukan di
> kedutaan besar Jepang di Jakarta. Seleksinya dilakukan oleh
> pihak kedutaan. Calon yang berhasil dalam seleksi ini^[$B%O^[(J akan di
> rekomendasikan oleh pihak Kedutaan Jepang (Japan Embassy) ke
> Monbusho ( = Ministry of Education, Science, Sports and Culture JAPAN).
> Selanjutnya di proses oleh Monbusho dan Candidate yang
> berhasil akan diberitahukan oleh Monbusho lewat kedutaan tersebut. Untuk
> Indonesia setiap tahun ada jatah sekitar 50 orang (jumlah total
> untuk program S2 dan S3), dan di Indonesia beasiswa ini dikenal dengan
> nama
> beasiswa Monbusho G to G artinya Government to
> Government (karena ada kerja sama antara pemerintah dengan pemerintah).
> Syarat - syarat dan informasi penting sebelum mendaftar beasiswa ini.
> 
> b. Recommended by University , Orang Indonesia sering mengatakan beasiswa
> ini monbusho U to U. (di rekomendasikan oleh
> universitas jepang lewat rekomendasi dari salah seorang Professor Jepang).
> Nah, kesempatan ini yang bisa di dapat oleh setiap orang
> tanpa kecuali. Disamping tidak ada quota kita bisa meminta rekomendasi
> dari
> berbagai pilihan^[$B%O^[(J banyak Professor-Professor Jepang yang
> tersebar di seluruh universitas Jepang. Bagaimana caranya ?,...... kontak
> salah satu Professor Jepang yang sesuai bidang anda, dan
> mulailah kenalan-kenalan baik lewat e-mail, surat pos, Facsimile, maupun
> telepon. Untuk mengetahui alamat-alamat Professor yang sesuai
> bidang saudara, tanya sama teman yang sudah atau sedang belajar di Jepang
> atau dengan cara membuka Homepage yang disediakan di
> server universitas-universitas Jepang, seperti :
> - Tokyo Institute of Technology (^[$B%O^[(J di
> http://www.titech.ac.jp^[$B%O^[($
> negeri
> - The University of Tokyo^[$B%O^[(J (^[$B%O^[(J di
> http://www.u-tokyo.ac.jp^[$B$
> negeri
> - Kyoto University^[$B%O^[(J (^[$B%O^[(J di
> http://www.kyoto-u.ac.jp)^[$B%O%O^[$
> - Waseda University^[$B%O^[(J ( di http://www.waseda-u.ac.jp^[$B%O^[(J
> )^[$B%O^$
> - Keio University^[$B%O^[(J (di http://www.keio.ac.jp^[$B%O^[(J
> )^[$B%O%O^[(J u$
> Untuk universitas swasta, Monbusho memberikan quota beasiswa nggak begitu 
> banyak kepadanya, karena itu untuk universitas swasta   
> agak ketat, dan banyak Professor universitas swasta nggak begitu tahu ada
> 
> beasiswa lewat cara ini. Bahkan di Universitas negeri-pun
> (yang notabene Monbusho memberikan banyak kesempatan beasiswa ini kepada 
> universitasnya) juga nggak jarang Professor universitas 
> negeri tidak tahu beasiswa cara ini.
> 
> Pertama untuk mengontak Professor adalah dengan cara
> memperkenalkan^[$B%O^[(J d$
> (dengan menyertakan CV yang lengkap, proposal
> penelitian untuk nantinya, dan hasil-hasil research yang telah dicapai
> saat
> kuliah di dalam negeri, bisa berupa paper, journal, ringkasan
> Tugas akhir/skripsi dll), dalam perkenalan pertama itu ungkapkan bahwa ada
> keinginan saudara untuk bergabung sama Professor tersebut.
> Untuk tahap selanjutnya setelah tahap - tahap awal perkenalan berlangsung
> dengan baik, tanyakan ada kemungkinan dia mencalonkan
> (merekomendasikan ) orang asing untuk mendapatkan beasiswa Monbusho nggak,
> kalau memang ada, Professor Jepang itu
> merekomendasikan kandidat ke Universitasnya dan Universitas Jepang tadi
> akan
> melanjutkan merekomendasikan kandidat tsb ke
> Monbusho = Ministry of Education,science, sports and culture).
> 
> Banyak juga Professor yang nggak tahu beasiswa dengan cara ini (bahwa dia,
> professor tsb bisa punya hak untuk merekomendasikan
> calon (mahasisa asing) ke univeritasnya (bagian Foreignt Student Office)
> untuk mendapatkan beasiswa monbusho. Dikarenakan kesibukan
> Professor, akhirnya professor tsb tidak mengetahuinya. Padahal pihak
> Monbusho telah memberikan hak kepada masing - masing
> universitas Jepang untuk merekomendasikan calon mahasiswa asing lewat
> rekomendasi dari Professor.
> Akhirnya saudara hanya disarankan oleh Professor Jepang untuk^[$B%O^[(J
> ikut mo$
> yang lewat kedutaan (padahal untuk kondisi di
> Indonesia, kalau kita bukan PNS ataupun karyawan BUMN tidak bisa), nah ini
> kesulitan pertama yang mungkin saudara dapati. Saudara
> harus bisa menjelaskan dengan baik, dan minta tolong agar Professor tanya
> ke
> bagian Foreign Student Office untuk masalah kemungkinan
> beasiswa ini. Ini suatu pekerjaan yang nggak mudah, perlu hubungan baik
> dengan Professor (ingat budaya Jepang adalah budaya timur,
> tata cara kenalan pertama usahakan seperti tata cara kenalan orang - orang
> Timur).
> 
> Cara terbaik memang kalau sudah pernah ketemu sama salah seorang Professor
> Jepang yang sedang seminar-seminar, sedang ngadakan
> kerja sama sehingga kita bertemu, acara scientific meeting dll. Nah, kalau
> ada kesempatan ketemu Professor Jepang , manfaatkan sebaik -
> baiknya. Atau jika ada orang Indonesia yang berhasil menyelesaikan
> studinya
> di Lab. Professor Jepang dengan hasil yang memuaskan,
> sehingga lewat teman Indonesia tersebut bisa minta dikenalkan sama
> Professornya. Pokoknya intinya, bagaimana cara mengenalkan diri ke
> Professor Jepang dengan baik dan bisa membujuknya untuk mendapatkan
> beasiswa. Pekerjaan ini memang agak untung-untungan.
> Mengingat karakter Professor-professor Jepang bermacam - macam. Ada yang
> berkali-kali^[$B%O^[(J kirim surat, e-mail, atau facsimile ke
> Professor Jepang, tapi nggak ada jawaban/respon sama sekali darinya,
> dengan
> alasan mungkin Professor Jepang tersebut agak susah
> komunikasinya dengan bahasa Inggris, ada kemungkinan juga dia sibuk,
> kemungkinan lain Professor nggak berkenan untuk menerima
> calon mahasiswa yang tidak diketahui asal-usulnya (apakah berprestasi
> ataupun nggak) akhirnya dia cuman ngasih saran cari aja beasiswa
> monbusho di embasy jepang di negara kamu, setelah sukses kabari saya
> (kalau
> itu berarti saudara telah teruji lulus dalam seleksi yang
> diadakan oleh pihak Embasy Jepang.
> Kalau mendapati kasus yang seperti demikian jangan kuatir, masih ada
> ribuan
> Professor Jepang yang tersebar di berbagai universitas, cari
> celah-celah lainnya. Dimana ada usaha pasti ada jalan, ingat^[$B%O^[(J
> "Kegagal$
> adalah kusuksesan yang tertunda "
> 
> Cara ini memang tidak memerlukan test, seleksi, ujian dll. Jika Professor
> tersebut berkenan maka Professor tsb akan mengambilkan
> formulir yang telah disediakan di Foreign Student Office di
> universitasnya,
> dan akan dikirimkan ke saudara. Saudara cukup
> melengkapinya dan menyerahkan kembali ke Professor, akhirnya Professor tsb
> -
> lah yang akan mengurusnya sampai saudara dinyatakan
> berhasil. Setelah menunggu beberapa bulan kemudian, tahu - tahu saudara
> dikasih informasi dari Professor atau pihak universitas tsb
> bahwa saudara berhasil mendapatkan beasiswa, dan pengurusan visa, tiket
> pesawat Indonesia - jepang mulai didiskusikan oleh Professor
> tsb dengan anda.
> ^[$B%O^[(J
> 
> Untuk yang sudah sukses dinyatakan akan menerima beasiswa monbusho baik
> yang
> dengan cara a.) recommended by embassy maupun
> cara b.) recommended by university, diberikan sertifikat^[$B%O^[(J lulus
> (sblm  
> berangkat ke Jepang ) dan akan mendapat beasiswa Monbusho
> selama 2 tahun (sbg research Student bagi yang apply-nya lewat embassy,
> recommended by embassy) dan 1.5 tahun (sbg research student
> bagi yang recommended by univeristy). Dalam waktu 2 tahun atau 1.5 tahun
> tsb
> saudara akan di register di universitas Jepang sebagai
> research student (masih non degree) selama waktu itu anda harus
> mempersiapkan bahasa jepang dengan baik, pengenalan Laboratorium
> masing-masing, pengenalan kampus dan persiapan ujian masuk S2 (bagi yg
> akan
> masuk S2) dan ujian masuk S3 (bagi yang akan masuk
> S3). Tergantung universitas jepang yang dimasuki, ada yang setiap semester
> ada ujian masuk untuk S2 (bagi yang akan masuk program
> S2) dan ujian untuk S3 (bagi yang akan masuk program S3), ada juga
> universitas yang tiap tahun baru ada ujian masuk program degree
> (S2 atau pun S3). Kalau dalam waktu research student tsb saudara gagal
> ujian
> (artinya saudara sudah gagal berturut-turut dalam mengikuti
> ujian masuk dalam tenggang waktu 1.5 th atau 2 th ), saudara akan
> diberhentikan beasiswa. Ada universitas yang mengadakan ujian tiap
> semester, jadi kalaupun kesempatan ujian masuk pertama gagal bisa
> mengikuti     
> ujian masuk yg kedua bahkan ketiga sampai waktu research 
> student habis. Dan jika saudara lulus ujian masuk, otomatis beasiswa   
> monbusho anda akan diperpanjang sesuai program yang anda   
> masuki (kalau masuk master, beasiswa akan diperpanjang sampai 2 tahun,
> kalau
> masuk program doktor beasiswa akan diperpanjang 3
> tahun) dan beasiswa sbg research studentnya diputus diganti statusnya
> sebagai mahasiswa master atau doktor.^[$B%O^[(J Untuk yang ambil
> program master, setelah selesai program masternya beasiswa bisa
> diperpanjang
> untuk masuk ke program doktor (shg bisa diperpanjang 3
> tahun lagi).
> ^[$B%O^[(J
> ^[$B%O^[(J2. Beasiswa dari instansi - instansi atau foundation Jepang yang
> bisa$
> dapat sebelum
> keberangkatan ke Jepang. (jadi beasiswa meng-cover tiket pesawat pp dari
> Indonesia ke Jepang).
> 
> a. INPEX Foundation
> Beasiswa ini untuk melanjutkan S2 di Universitas Jepang (untuk bidang
> natural science, engineering juga). Beasiswa ini tidak mengikat
> (tidak ada ikatan dinas). Sistem seleksinya hanya di dasarkan dokumen yang
> diserahkan, tidak ada test tertulis maupun wawancara.
> Beasiswa ini mengcover juga tiket pp Indonesia - Jepang dan uang beasiswa
> 160.000 yen/bulan. Formulir applikasinya bisa di dapat di
> alamat berikut :
> ^[$B%O%O^[(J 14 F Ebisu Neorato 4-1-18 Ebisu, Shibuya-ku, Tokyo 150-0013
> JAPAN
> applikasi bisa di dapat mulai dari tanggal 1 Agustus dan di serahkan
> paling
> lambat tanggal 15 Nopember. Setiap tahun Foundation ini
> mengambil 4 - 5 orang.
> 
> b. The OKAZAKI Kaheita International Scholarship Foundation
> Beasiswa ini untuk melanjutkan S2 di Universitas Jepang (untuk semua
> bidang
> kecuali kedokteran). Beasiswa ini tidak mengikat (tidak   
> ada ikatan dinas). Test dan sistem seleksinya diadakan di Indonesia,
> Sistem
> seleksi beasiswa ini pada tahap pertama adalah dokumen yang
> diserahkan, terus test tertulis dan wawancara. Beasiswa ini mengcover juga
> tiket pp Indonesia - Jepang dan uang beasiswa 120.000
> 
> yen/bulan, asrama juga di kasihkan (gratis). Formulir applikasinya bisa di
> dapat di alamat berikut :
> ^[$B%O%O^[(J 3-2-5 Kasumigaseki, Chiyoda-ku, Tokyo 100-0013 JAPAN
> Foundation ini mengambil 1 - 2 orang saja.
> 
> c. The Hitachi Scholarship Foundation
> Beasiswa ini bisa untuk S2 ataupun S3. Syaratnya harus alumni dari ITB,
> UI,   
> UGM, IPB, ITS dan formulir bisa diambil dan ditanyakan
> dari rektorat masing - masing universitas tsb diatas.^[$B%O^[(J Applicant
> harus$
> rekomendasikan oleh masing - masing rektor dari universitas di
> atas. Beasiswa ini meng-cover juga tiket pesawat pp Indonesia - Jepang dan
> uang beasiswa 180.000 yen/bulan, uang apartemen di
> bayarkan oleh pihak foundation.
> Informasi lengkap mengenai beasiswa ini bisa di dapat di :
> ^[$B%O%O%O^[(J 1-5-1 Marunouchi, Chiyoda-ku, Tokyo 100-0005 JAPAN
> d. Tokyo Metropolitan GovernmentForeign Student Scholarship Program.
> Beasiswa ini untuk program S2. Universitas yang ditunjuk di Jepang
> adalahTokyo Metropolitan University dan Tokyo Metropolitan
> Institute of Technology. 
> Informasi lengkap mengenai beasiswa ini bisa di dapat^[$B%O^[(J di :
> ^[$B%O%O%O^[(J TMG Foreign Student Scholarship Program Section, Tokyo
> Metropoli$
> Government
> ^[$B%O%O%O^[(J 8-1 Nishishinjuku 2-chome Shinjuku-ku, Tokyo 160-8001 JAPAN
> 
> e. Aichi Scholarship
> Beasiswa ini untuk program S2. Beasiswa ini diberikan hanya untuk bagi
> mereka yang akan belajar di universitas di Aichi Prefecture.  
> Beasiswa ini meng-cover juga tiket pesawat pp dari Indonesia - Jepang
> selain
> beasiswa 185.000 yen/bulan. Seleksinya hanya di dasarkan
> pada dokumen yang diserahkan. Deadline penyerahan aplikasi 20 mei.
> Informasi lengkap mengenai beasiswa ini bisa^[$B%O^[(J di dapat di :
> ^[$B%O%O%O^[(J Aichi Prefectural Office
> ^[$B%O%O%O^[(J 3-1-2 Sannomaru, Naka-ku, Nagoya-shi, Aichi 460-01 JAPAN
> 
> f. Saga Prefectural Scholarship
> Beasiswa ini untuk program S2 maupun S3. Universitas yang ditunjuk di
> Jepang
> adalah Saga University dan Saga Medical College.
> Applicant harus di rekomendasikan oleh universitas tersebut, oleh karena
> itu
> applicant harus punya kenalan Professor di universitas
> tersebut. Periode aplikasinya sekitar Februari - april. Beasiswa ini
> meng-cover juga tiket pesawat pp dari Indonesia - Jepang selain uang
> beasiswa 185.500 yen / bulan.
> Informasi lengkap mengenai beasiswa ini bisa di dapat di :
> ^[$B%O%O%O^[(J Saga Prefectural Office
> ^[$B%O%O%O^[(J 1-1-59 Jonai, Saga-shi, Saga 840-7004 JAPAN    
> 
> g. The Japan Securities Scholarship Foundation
> Beasiswa ini untuk program S2 maupun S3 di universitas Jepang (bidang yang
> ditunjuk Social Science, Humanities). Sistem seleksi
> beasiswa ini di dasarkan pada dokumen-dokumen yang dikirim. Tidak ada test
> tertulis maupun wawancara. Periode aplikasinya dimulai^[$B%O^[(J
> Januari sampai Mei. Beasiswa meng-cover tiket pesawat pp dari Indonesia -
> Jepang, bantuan apartemen dan uang beasiswa 120.000 yen /
> bulan.
> Informasi lengkap mengenai beasiswa ini bisa di dapat di :
> ^[$B%O%O%O^[(J Tokyo Shoken building
> ^[$B%O%O%O^[(J 5-8 Kayabacho, 1-chome, Nihonbashi, Chuo-ku, Tokyo 103-0025
> JAPAN
> 
> d. Panasonic Scholarship
> Informasi lengkap lihat di http://www.panasonic.co.id/press/scholar.html
> ^[$B%O^[(J
> ^[$B%O^[(J
> 
> Yang tersebut diatas adalah beasiswa yang bisa di dapat sebelum berangkat
> ke
> Jepang. Untuk beasiswa yang bisa di dapat setelah sampai
> Jepang ada ratusan macamnya dari berbagai instansi swasta maupun
> pemerintah
> daerah Jepang. Informasi lengkapnya bisa di dapat di
> alamat ini :
> http://www.aiej.or.jp/
> 
> 
> ------------------------------------------------------------------------
> @Backup - #1 Online Backup Service  Free for 30 days
> INSTALL now and win a Palm Pilot V!
> http://clickhere.egroups.com/click/137
> 
> 
> eGroup home: http://www.eGroups.com/list/gfti
> Free Web-based e-mail groups by eGroups.com
> 
> 
> 
> ----------
> Arsip ?    http://isnet.itb.ac.id -> Kolom Kiri -> Milis : Islam-ITB
> Berhenti ? mailto:[EMAIL PROTECTED], isi : unsubscribe is-lam
> IsNet ITB tidak berwenang terhadap mail yang dikirim ke dalam milis
> maupun mail yang disebarkan dari milis ini.

* Gunadarma Mailing List -----------------------------------------------
* Archives     : http://milis-archives.gunadarma.ac.id
* Berhenti     : Kirim Email kosong ke [EMAIL PROTECTED]
* Administrator: [EMAIL PROTECTED]

Kirim email ke