Assalamulaikum,

-- Robert Trisna <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> 1. Apakah program AXE (Advanced heX Editor) cukup
> baik untuk melakukan
> cracking ?
Nggak tahu, nggak pernah nyobain. Itu semua tergantung
kita kok, saya bahkan untuk debug virus hanya makai
debugger standard dari DOS/Windows, emang melelahkan
sih, tapi kalo' kita efektif ya nggak masalah kok.

> 2. Bagaimana syntax (bentuk) penggunaan Turbo
> Assembler 2.0 untuk
> meng-compile file assembly (*.asm) ?
Wahh udah lupa nih. RTFM deh, pokoknya di assembly
pakai tasm, terus dilink pakai tlink. Biar cepet,
bikin aja file compile.bat gitu, sekalian ngapus file
*.o (Object file) yang terbentuk biar bersih lagi.
(Kayak make clean nih).

> 3. Dibuat dengan program apakah file-file macro
> (*.mac) ?
>
> 4. Apakah perbedaan file *.exe, *.com, *.bat ?

File-file ini semuanya merupakan executable. Hanya
saja file bat merupakan file script executable,
artinya file ini tetap berupa file text biasa hanya
saja bisa dijalankan.

File *.com, merupakan file executable yang sederhana,
karena hanya terbatas pada satu segment saja, DS, ES,
CS dsb terletak pada satu segment. Coba saja debug
file.com, trus tekan r, nanti akan terlihat bahwa
nilai yang ada pada CS, DS, ES dll akan menunjuk pada
segment yang sama. Dan lagi, semua bentuk
lompatan-lompatan termasuk dalam lompatan yang near,
bukan far, ya itu juga' terbatas. Untuk bikin-bikin
virus enakan yang beginian gampang.

Sedangkan file*.exe jauh lebih rumit lagi, apalagi
yang windows executable. Yang jelas dia udah nggak mau
lagi dibatas-batasi hanya satu segment saja. File exe
ini ketika diexecusi dia akan membaca header untuk
melakukan proses inisialisasi (Menentukan nilai CS,
DS, dsb).
Beda dengan file COM dimana, tidak diperlukan adanya
inisialisasi karena semuanya udah jelas, ketika
dieksekusi langsung dicarikan segment yang kosong,
taruh disitu, IP diisi 100 hexa, siap dijalanin.

PS:Tolong dikoreksi
Wassalamualaikum.
http://im.yahoo.com

 http://www.indolinux.com - Nikmati Layanan Personal INDOLINUX ::
 http://techscape.net/ - Webhosting: Dual T3 on Dual Pentium III 450Mhz
 Only US$1.95/month -> CGI SSL 5MB Unlimited Traffic & Mail FP2000