Dear Mbak Sari,
Pica sih biasanya nggak hanya jilat, tapi juga sudah memakannya. Kasus ini memang nggak banyak ditemui (sehingga referensinya sedikit), tapi kalau ditemui biasanya pada anak2 balita. Seringkali hilang sendiri, tapi harus diwaspadai kalau apa yang dia jilat adalah yg beracun.

Berhubung harusnya sudah lewat masanya untuk menjilat2 (mestinya kalau kata Pak Freud sekitar 0-2 tahun), tolong cerita lebih panjang lagi tentang Naufal, khususnya tentang perkembangan bahasanya (udah bisa nangkep omongan sepanjang apa, udah bisa ngomong apa aja, nyambung apa nggak, dll), ada nggak keterlambatan perkembangan (misalnya mulai jalan di usia berapa, masih ngiler apa nggak, dll).

Bersamaan dengan pikir2 tentang ceritanya itu, di rumah Naufal bisa diajak main dengan lebih banyak variasi mainan, intinya adalah biar dia teralih perhatiannya untuk menjilat. Jangan cuma dikasih mainan aja, tapi juga diajak main. Begitu dia terlihat mau menjilat, coba alihkan dengan memperlihatkan bagian menarik dari benda yang lagi dimainkan. Tujuannya sih bukan hanya mengalihkan, tapi juga menstimulus. Jadi kalaupun 'kelepasan' dia menjilat sesuatu, jangan dimarahi dulu, karena seringkali kemarahan kita malah bikin dia penasaran :P

Oya, jangan lupa juga jaga barang2 yg ada di rumah, jangan sampai barang2 yg beracun atau tajam atau berbahaya lainnya terjangkau oleh Naufal.

Good luck ya Mbak Sari.

Nina
Anna Surti Ariani, Psi.