Spiritnya supaya tidak mengaku-aku karya orang lain sebagai karya sendiri sih
saya setuju,

Yang masalah kalau posternya tidak mengklaim sebagai pembuat aslinya, siapa
yang bisa tau sumber aslinya darimana?

Kebanyakan foto atau video yang dipasang gratis tidak ada copyright mark atau
tanda apapun.

Kalau ada foto/video yang mulanya dipasang di milis NM, lalu disebarkan oleh
orang lain dimilis2 atau di forum2 seperti Kaskus, bagaimana cara kontrolnya?
Apa mungkin orang yang bisa hafal semua foto/video Indo dan yang aslinya dari
mana?  Belum lagi kalau posternya aslinya langsung mengirim ke beberapa tempat
sekaligus.

Lain lagi kalau ada tanda yang jelas dari situs tertentu.  Biasanya yang begini
situs berbayar, jelas tandanya sumbernya darimana.

Jadi kembali lagi ke pembuat aslinya, apakah dia meMARKing hasil karyanya,
apakah dia bisa TAHU kalau hasil karyanya disebarluaskan oleh orang yang tidak
seharusnya, dan apakah dia bisa MENUNJUKKAN bahwa memang itu aslinya memang
buatan dia?

Lagipula kalau yang gratis begini saya rasa pembuat aslinya tidak keberatan
foto atau videonya disebarkan.