Kemarin malam saya melihat acara Smart Investing with Bank Mandiri, dan salah satu pembicara dari Mandiri Sekuritas mengatakan bahwa P/E IHSG sudah lebih tinggi dibandingkan bursa regional.

Apabila kita menganggap P/E ideal adalah 14.28 dengan bunga bank sebesar 7%, maka saya pikir dengan P/E rata-rata IHSG yang masih sekitar 11-12 masih menyisakan ruang untuk tumbuh sedikit lagi (berlaku untuk investor lokal).

Apabila ada investor asing (Big Boys) dari negara yang suku bunga banknya sekitar 4% maka P/E ideal untuk mereka adalah sebesar 25. Jadi jangan heran apabila IHSG masih akan naik terus karena bagi BB asing IHSG masih sangat murah. Hal ini mungkin dapat menjawab pertanyaan mengenai kenapa IHSG masih naik terus. Ini bukan KELIRUMOLOGI.

Salam,

Danny.

    IMQ - THE REAL TIME DATA AND BUSINESS NEWS SERVICE