dear all...

mungkin PT PGN termasuk perusahaan yang "beruntung" pada kondisi
dewasa ini dgn harga minyak yg semakin melambung alasannya:

1. Perusahaan telah "eksis" sejak harga solar masih sangat murah dan
bahan bakar gas sama sekali tidak dilirik belasan tahun lalu. Sejak
lama PGN telah membangun jaringan pipa ke kawasan2 industri di 3 kota
terbesar Indonesia. Pd saat itu sulit sekali membujuk pelanggan
beralih ke gas. Investasi jaringan merupakan investasi besar  dan utk
saat ini memerlukan ijin dari BP Migas. Biasanya, BP Migas tidak
mengeluarkan ijin jaringan pipa pada perusahaan yg berbeda utk satu
kawasan.

2. Kondisi saat ini, harga solar semakin tidak ekonomis (belum lagi
kalo harga bbm lokal mengikuti harga internasional), banyak perusahaan
yg ingin sekali beralih ke gas. Kondisi jaringan yg terbataslah yg
menyebabkan mereka tidak terlayani. Selisih hrga gas ke industri ke
solar kurang lebih sebesar 43 %.
Bayangkan efisiensinya!.

3. Tahun depan (2005) proyek pipanisasi Sum sel (lumbung gas di
sumatera) ke Ja bar (Pasar gas yg sgt "gemuk") akan selesai.
Penyaluran gas melalui pipa ini gila2an. Jauh melebihi kapasitas
penyaluran saat ini. Bisa sampai 3 lipat. Bayangkan berapa kali
pendapatan yg dapat diraih nantinya.

4. Selanjutnya akan dilakukan proyek pipanisasi Duri - Dumai - Medan.
Rencananya dimulai thn 2006.

5. Lagi, karena pengalaman dan proven track yg bagus, kemungkinan
tender2 jalur (rute) pipanisasi yg lainnya semisal Gresik - Semarang -
Cirebon akan dipercayakan ijinnya ke PGN....

Mkn anda sudah pernah melihat infonya di pgn.co.id ....

Saya sendiri kalo punya capital yg cukup akan memborong saham PGAS
ini...daripada cuma gigit jari....

Saya masuk dan mulai berkarya di PGN tahun 2001.