Kalo buku "intelligent investor" yg dibaca, buku itu hanya menerangkan value investing. Utk BEJ mungkin bisa diterapkan di saham2 cap kecil seperti, JPRS, ALMI, KPIG (saya pernah coba...lumayan untung walau agak lama). Tapi kalo dibuku "Value Investing; from Graham to Buffet and Beyond" , kita dibawa utk berani membeli saham medium cap / second liners, dan juga Blue Chip, ada rumus hitungan EV(earning value)/shares, Cara menghitung "NET NET ASSET/ shares", yg kalo dijumlahkan bisa dapat harga wajar/saham (bisa diterapkan utk saham macam ANTM, PTBA, TINS (kalo di gunakan utk big caps bakalan kemurahan), ada juga cara hitung DCF (discounted cash flow) utk saham2 yg blue chip macam PGAS, MEDC. Terus ada cara mengurut ranking saham perbankan/lembaga keuangan (paling gampang saham bank), tidak ada hitungan hanya membandingkan ROA, ROE, MPM...lalu kita bandingkan BV-nya.

Yah...kita harus berani "lose some dime" , dgn cara cut loss tapi saya cut loss kalo ada faktor external seperti rupiah lemah, saya cut PNBN, dulu saya juga cut BMRI, kalo hanya ada berita jelek (PNBN karena rupiah, BMRI karena turunya profit), atau guyuran bandar tiada henti. Cut loss penting utk memindahkan resources kita ke tempat lain. Karena, berita buruk merubah masa depan emiten.

Saya bukan ahli keuangan, saya kuliah mesin / teknik penerbangan, jadi saya belajar keuangan otodidak. Pernah kursus juga di MEGADANA MILLENIUM (kemana ini orang?) bareng2 temen JAMSOSTEK ttg fundamental emiten. Dulu guru2 di Megadana yg menyarankan saya baca buku ini.

investor_ngesot <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Terima kasih utk infonya.
Sy punya 'Intelligent Investor' nya Benjamin Graham, dapet di KL
(republished issue..).   Tapi kl liat jam terbang para expert di
sini, kayaknya harus nongkorongin OB 2-3 tahun lagi, baru put my
first dime into stock market directly.

Karena the begawan said: Never lose money..(not a dime.. remember the
compound interest)

Salam rookie BEJ

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, EKA SUWANDANA <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:
> Baca aja buku "Value Investing; from Graham to Buffet and Beyond"
karya BRUCE C.N GREENWALD, & JUDD KAHN, ntar saya kirim hitungan saya
lusa setelah balik ke rumah (I'm out of town).
> Kalo hitungan meleset itu mungkin karena asumsi yg beda tiap2 orang
tapi kita harus ambil yg paling konservatif (e.g inflasi/depresiasi,
percentage growth).

    IMQ - THE REAL TIME DATA AND BUSINESS NEWS SERVICE

Business finance course Business to business finance Small business finance
Business finance consultant Business finance magazine Business finance schools

YAHOO! GROUPS LINKS

Kirim email ke