Dear P'Thomas, bukannya pesimis, tapi menilai angka2 maut IHSG dari tgl2 tersebut terlihat JSX sedang berada di akhir ataupun bottom koreksinya, sementara angka maut yg terjadi hari ini merupakan dari awal dari koreksinya...

Berdasarkan Dow Theory (saya dulu sempet diajarkan dikit2 oleh P' Ruli seorang trader yg trade di komuditas), Saat ini JSX kelihatannya barusan / sudah menyelesaikan tahap ke tiganya (Dow theory hanya terdiri dari 3 tahap). Which means kemungkinan JSX akan melanjutkan koreksinya dengan starting over menyusuri tahap 1 kembali. Dan kemungkinan ngejar lobang gap kedua langsung dengan nge skip lobang pertama hehehehe..

Hal ini confirmed dengan volumenya yang lumayan besar.. so hati2..

But anyhow, saya coba berpikir secara logic, meskipun saya mencium BIG BEAR saat jumat kemaren, tapi saya rada kaget juga ternyata yang muncul SUPER BEAR ck..ck..ck.. (sempet makes me melongo campur haru) dan kemudian saya agak terganggu dengan dugaan salah satu rekan kita yang mengatakan volume tidak mendukung kejatuhan pasar...

Dipikir2 ada benernya, Why ??  Coba track back kenaikan super bullish kemaren2... kenaikan rata2 30 Pts selalu didukung oleh volume sekitar 3 T-an... sementara kejatuhan hampir 100 pts spt ini hari.. volumenya terjadi hanya kisaran 4 T... kan harusnya sekitar 8-9 T itungan diatas kertasnya bukan ??  Ada yg bisa bantu saya tjari jawabannya gak ??

But again... spt istilah P' Wan Al... ente kudu perhatiin itu Balok GEDE jatoh dari gunung Es, jangan nekad ditangkep.. bisa MUOODARR.....

So.. once again... be wise..

Well... tommorow JSX Bear ??? Maybe... mendingan nemenin saya nonton dan ngitungin mayat2

Regards

Vibby

Disclaimer :
Analisa diatas merupakan bahan untuk diskusi bersama dalam forum milis, Mohon tidak menanyakan detail lbh jauh melalui JAPRI (jalur pribadi) karena tanpa mengurangi rasa hormat, saya mungkin agak terbatas untuk melayani satu persatu.
Analisa diatas jg bukan rekomendasi jual atau beli, yang nekad silakan tanggung sendiri.