Wa juga mau sharing pengalaman :

Waktu hari senin kemarin, wa sudah mikir index bakal turun, jadi udah
rencana mau nurunin barang dikit 2.
Waktu pagi mau unload PTBA, engga jadi ah open langsung 3800 (100). tunggu
agak bagus. Seerba salah : nunggu-nunggu harga makin turun, jual takut
kehilangan barang. Kemudian wa sempat unload sedikit di akhir sesi 1.
Sesi 2 index makin ga karuan. Nyali mulai ciut, semua ngga nyangka index
turun sampe segini gile. PTBA bener-bener dikerjain, nunggu harga bagusan
malah makin hancur..mulailah pikiran takut dibawa rugi ke2900/3000-an. Wa
unload lagi di akhir sesi,

Index turun 96 point, PTBA turun 500 point.
Malemnya wa bener-bener tegang. Pikiran negatif bermunculan ngga karuan,
pokoknya sport jantung. Sampe tengah malem wa belum tidur, wa nulis ke milis
dan perhatiin DJ yg syukur tutup positif.
Selasa pagi Rupiah masih loyo, namun index dibuka positif. Guyuran PTBA
nampaknya sudah berhenti. Wa sempet antri dan dapet. Pikiran sedikit tenang.

Tapi menjelang tengah hari, wa perhatikan index turun lagi dan makin gila.
Catatan : 2 hari Senin/Selasa entah internet di kantor atau HOTS yg
overload, wa ga bisa lihat running, cuma liat index&bid/offer di rti.co.id.
Waktu sejarah index BEJ kaya gini, koq kebetulan gak bisa mantau. Why
everything agains me ?
Wa makin sress, pikiran buruk mulai bermunculan.

Pikiran jernih mulai menguap. Wa makin stress liat index yg bungee
jumping.Wa ngga kuat ngebayangin TINS & PNBN turun terus. (Saat itu wa
maenin portfolio saudara gw, dia sebenernya ngga mau, cuma wa bilang
daripada loe deposito mending gw maenin hasilnya lebih bagus, wa ga minta
komisi) dan wa beli TINS sama PNBN.

Tenang bung Oentoeng, wa tidak menyalahkan you atas PNBN dan TINS. Wa bukan
ahli encode/decode mistik: wa ngga ngerti dibilang mamot betengkar ama
kingkong, kadal bersin, tokek keinjek dll terus pas index naek bilang "Salah
sendiri gak ikut, Udah dikasih tahu gak percaya", kalo turun bilang "Kan
udah diperingatin"

Wa emang percaya TINS & PNBN bagus dan murah, keputusan sendiri bukan
ikut2an.
Wa punya alasan kenapa pegang TINS. PNBN wa punya keyakinan kuat dia ngga
right issue, p/bv bisa dibilang paling rendah, BI rate turun bagus buat
saham perbankan.
Cuma index dihajar kaya gitu langsung pikiran rugi2, gimana kalo tambah rugi
?
Biarpun ngga ada perjanjian gw terima untung/bayar kalo untung/rugi, namun
secara moral wa merasa bersalah.
Langsung pikiran gw melayang harga comodity emas udah turun 7%-an, rally
sudah berakhir, harga commodity turun, beberapa tahun lalu TINS harganya
500-an.
Ngga tahan, akhirnya gw putusin likuidasi TINS di 2000 dan PNBN 455. Gw
pikir udah biar gw tutupin kerugian die, ga usah maenin duit dia lagi. Yg
penting jangan kepikiran duit dia.

Seperti wa bilang, wa yakin skenario 2 : index akan rebound (bukan tutup di
low spt senin). Selasa kemarin wa yakin embah pasti ambil posisi long.
Secara makro jg wa bilang BI punya cadangan devisa malah dapat gain(profit
realization) saat intervensi untuk penguatan Rupiah. Fundamental ekonomi
masih bagus.
Walaupun ini tahun ke 10 wa invest di BEJ, tapi namanya manusia tetep aja wa
very-very stress....makan gak enak tidur gak enak jadi kaya orang bego.
Wa antri lagi beli PTBA di 3400 buat buy back yg kemarin jual di 3500, waktu
diguyur broker wa nganjurin dicabut. Cabut dulu, tutup PTBA sesi 1 Rp3300.

Tutup sesi 1 wa makan siang, setelah itu janji ketemu tamu dari prsh
asuransi, presentasi sampe sore.
Wa pikir kalo nanti menjelang sore ditelp broker itu waktunya tutup barang
yg dijual kemaren. Kemudian sore hari HP wa berdering. Broker wa telp index
rebound dan PTBA udah 3550. Mau buy back yg jual 3500 gak rela, akhirnya gw
diemin sampe sore. Udah gitu gw liat index sempet -89, PTBA sempet 3200,
kesel deh kenapa nyuruh cabut 3400 pas 3250-3350 an ngga ngabarin. Tutup
sore hari jadi 3625.

Prediksi ane skenario 2 akan rebound sesi 2 menjadi kenyataan.

Ingat perang di bursa adalah perang mental/emosi.
Kendalikan emosi anda, kalo engga emosi anda akan mengendalikan uang anda.