Email dari bung Adi mengingatkan saya kepada 3 tahun lalu di mana saya baru memulai main saham lagi setelah trauma berkepanjangan akibat kehilangan lebih dari separuh modal saat krismon tahun 1998.

Masih ingat saat itu saham pertama yang saya beli adalah BII di harga 200 dengan total pembelian 10 juta.

Kesalahan awal sebagai pemula adalah saya SENANG SEKALI menghitung untung... hehehe siapa sih yang tidak suka menghitung untung???

sayangnya bukan untung beneran tetapi lebih berandai-berandai jika untung sekian maka profit sekian, kalau saham naik sekian persen hmmm coba ke 500 aja.. sudah untung 100%.

Lusanya saham BII naik ke 250. Bangga sekali rasanya menjadi seorang pemain yang hebat... baru pertama kali tetapi sudah membuat keputusan yang tepat dan untung pula.

Sangking pedenya, semua saham yang direkomendasikan broker saat itu saya punya. Belinya pun tidak tanggung-tanggung. Seluruh modal habis dibelikan saham.

"Sebentar lagi daku untung besar!!!", pikirku. "Memang benar kata orang... supaya cepat kaya yah main di saham !!!", apalagi saat itu semua saham yang kupunya naik kencang dan untung (diatas kertas) terus mengalir bagaikan mata air yang tidak ada habisnya.

Tetapi eforia tersebut tidak berlangsung lama. Saham BII mulai turun ke 175 bit. Ah tidak apa-apa, nanti pasti bisa ke 500, apalagi fundamental mendukung dan sebagainya.

Turun lagi ke 150 dan akhirnya tidak bergeming di daerah 100.. untung sudah berubah jadi rugi 50% dalam satu bulan!!!

Still yakin akan naik ke 500 kukatakan kepada brokerku kita biarin aja. nanti juga dia akan naik sendiri.

Singkat cerita, saya melego semua saham BII saya kurang lebih 3 tahun lalu setelah mengalami right issue, reverse stok dst...dst... saya tidak tahu apa itu tetapi jumlah uang saya tinggal 500 ribu rupiah dari modal 10 juta di awal.

Apa salah saya? Tidak berani ambil resiko???

Sorry man, gue orang yang sangat amat berani ambil resiko...

Tidak pilih saham berfundamental??? no, saya punya INKP harga tiga ribu perak saat itu dan tinggal beberapa ratus rupiah beberapa tahun kemudian.

Setelah bergabung dengan milis Eyang baru mulai terbuka ternyata:
1. Tidak punya pengetahuan yang cukup TA dan FA
2. Saya menanam di musim yang salah. Musim kering dan paceklik saya menanam, otomatis tanaman saya kering dan tidak dapat tumbuh. alhasil mati semua tanamannya.
3. Saham tidak naik terus menerus... kenyataannya naik cuman 1-2 hari, turun dan sideways bisa berminggu-minggu.
4. Saya terlalu banyak mengandalkan rumor tanpa mau bersusah payah melakukan riset sendiri baik TA maupun FA.
5. Saya terlalu tergoda dan nafsu dengan tarian dan goyangan maut saham2 murahan.

Saat ini:
1. Saya sudah bertobat dan kembali ke jalan yang lurus.
2. Hanya main saham yang berfundamental
3. Selalu mengingat musim tanam (bulan puasa), musim panen (maret) dan musim paceklik (april-juni) sebelum bermain dan selalu menggunakan sistem bersih-bersih semua saat pergantian musim
4. Masih dengar rumor tetapi tidak 100% percaya rumor tetapi selalu mengecek kebenaran dan fakta dengan TA dan FA
5. Beli dan jual BERDASARKAN sinyal TA, tidak pernah tentukan target tetapi jika TA bilang keluar maka saya keluar, kalau TA bilang masuk saya masuk.

cheers,
Rony
Anda ingin memulai bisnis/situs online?
Ingin menyewa web server?
Butuh tempat penyimpanan file online untuk akses bersama?

Kunjungi kami di www.expihost.com

Expihost.com - Premium web hosting and domain reseller