Karena kalo ada yg JUAL tentu ada yang BELI tentunya Capital
Flow adalah NOL.

Tapi kalo pake logika, mana mungkin harga bergerak kalo tidak
ada Flow. Sama seperti layang layang, kalo engga ada angin mana
bisa layang layang naik.

Jadi meskipun Capital Flow adalah nol, akan selalu ada Capital
Flow yaitu:
- Capital flow dari Capital market ke/dari Money market.
- Capital flow dari Investor ke trader.
- Capital flow antara stock.
- Capital flow dari BD ke Trader.
- Capital flow dari asing ke lokal.
- Capital flow dari Investor tidur menjadi aktif.
- Capital flow dari saham tidur menjadi aktif karena harganya
  naik atau turun banyak.
- dst...

Ada banyak sekali MACAM capital flow di pasar modal, semuanya
itu yang membuat harga saham bergerak setiap hari. Jadi Capital
flow TIDAK NOL, karena kalo nol harga saham akan diam...

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, "pemainedan" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Mbah, kl tdk keberatan, apa bisa jelaskan dikit ttg konsep CAPITAL
> FLOW ini?
>
> Di sebuah stock market, tdk ada uang yg keluar/masuk kecuali jika
ada
> IPO atau stock re-offering (second offering atau rights issue). Yg
> membuat harga naik hanyalah agresivitas dr pelaku pasar. Ketika ada
yg
> beli saham senilai 100jt pd proses pasar reguler, tentunya ada yg
jual
> saham senilai 100jt jg -> tdk ada uang baru yg masuk/keluar.

> [...]

Kirim email ke