From:  [mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of dipatimail
Sent: Sunday, November 16, 2008 4:07 PM
To: obrolan-bandar@yahoogroups.com
Subject: [obrolan-bandar] Re: PER BUMI saat ini = 50% PER Indonesian Coal
Sector

Harga jual batubara produsen Indonesia kok beda jauh dengan harga market
internasional ya Mbah.
Seperti contohnya Adaro, harga jualnya cuman US$ 30-40/ton, bandingkanlah
dengan harga internasional yg diatas US$100,-
Makanya pada tahun 2007 labanya Adaro kecil sekali, PERnya mencapai 140x.
Padahal batubara Adaro konon kwalitas 1 punya dan jumlah produksinya
sangat besar yaitu 36juta ton.
Apakah terjadi transfer pricing dengan Coaltrade (sister company yg
berdomisili di Singapura)?
Ada yg tahu berapa harga patokan dari BUMI, PTBA, ITMG?
Kalau kita tahu harga patokannya, mudah sekali menghitung laba bersihnya
secara kasaran dengan rumus sbb:
Jumlah produksi x (Harga jual - US$ 35)
Misalnya emiten A jumlah produksinya 50juta ton, harga jualnya US$55,-
maka laba bersihnya kira2 : 50juta x (55 - 35) = 1milyar (US$)

Nasib emiten batubara bisa seperti emiten CPO jikalau harga batubara jatuh
hingga dibawah US$ 35,-
Mungkinkah hal tsb terjadi pada 2009?