Betul kata Pak Oentoeng
Mostly semua penipuan di dunia investasi berwujud ponzi scheme. Wujudnya bisa
bermacam-macam, kasus di Indonesia wujudnya seperti arisan motor, voucher hp,
atau bahkan  suplemen kesehatan. Prinsipnya mereka menawarkan untung besar.
Kadang sampai puluhan persen per bulan. Prinsipnya supaya jangan terjebak gaya
penipuan seperti ini adalah jangan serakah. Mereka ini seperti dukun yang
bilang saya bisa bikin Anda kaya mendadak. Padahal kalau mereka bisa bikin
orang kaya mendadak, mendingan dikerjain sendiri, ngapain merekrut orang.

Pengalaman yang sudah-sudah, kebanyakan korban investasi kaya begini jatuh
karena faktor kenalan, saudara, pasangan. Dalam kasus Madoff, korbannya banyak
dan dari kalangan terkenal karena Madoff sebagai mantan direktur Nasdaq sudah
cukup dikenal. Karena sistem ini melakuakn sistem perekrutan, biasanya member
yang sudah masuk sistem ini akan mencoba merekrut teman atau saudaranyanya.
Bayngkan kalau Anda dibujuk teman dekat, atau saudara kan sedikit banyak faktor
kepercayaan itu ada.

Makanya hati-hati kalau tiba--tiba ada teman atau saudara yang mengajak kita
ikut ini itu. Mungkin dia tidak sengaja sudah menjadi "marketer' sistem ponzi.
Kejahatan seperti ini tidak akan hilang, cuma berubah bentuk. Meminta
pemerintah menjadi regulator juga susah karena gampang berubah bentuk itu. Jadi
kita sendiri yang harus waspada

Salam
DW