beginilah obrolan pendekar tangan kosong dan pendekar kungfu jika bertemu :)
thank you pak oen dan pak tasrul

Provokator Saham <oentoeng...@yahoo.com> wrote: --- In
obrolan-bandar@yahoogroups.com, Tasrul Tanar  wrote:

> Nah gitu donk Pak Oen,
>

> Tapi dari gambar Pak Oen terlihat memakai Toms Osc (Adv2), dengan
periode standar, sementara juga ada pilihan lain spt Extension (Adv3)
dan Alternate 3(Adv4) dengan periode standar juga. Namun jika kita
lihat XTL di Adv.Get terlihat adanya indikasi trend naik (dengan
periode standar)

Indikator yang saya pergunakan semuanya masih standard, lain kata
masih menggunakan DEFAULTnya program tsb.
Bicara XTL memang ada indikasi trend naik.
Peluang itu juga sudah saya perkirakan; menggunakan TJ Elippse peluang
WAVE 4 juga bisa terbentuk di 14xx.
Tapi jangan dilupakan bahwa XTL itu PERNAH tidak mampu meneruskan
kenaikannya pada akhir Mei-awal Juni 08.
Kalau toh BEI masih mampu meneruskan kenaikannya dlm SKENARIO yg saya
tunjukkan, menurut saya hanyalah proses pembentukan WAVE 4.

> Kalau melihat chart ini memang secara teknikal ada target ke level
1,000 karena PTI yg cukup besar yakni 65PTI, namun perlu dicermati
bahwa seiring bertambahnya data apalagi adanya indikasi naik meskipun
terbatas level 65PTI tsb mungkin tidak tercapai dalam waktu dekat dan
bisa saja hilang atau berkurang jika terjadi pertambahan data yg
menyebabkan trend itu sendiri patah.

> ringkasnya  :
>
> Apakah kita harus memakai periode standar spt tsb ?

Yang penting standard atau tidak, saya pribadi hanya membutuhkan ARAH.
Tidak perlu angka2 hingga decimal dst...
Pemahaman saya bahwa software maupun indikator APAPUN itu, sudah
sangat CANGGIH.
Kehandalannya tsb akan terlihat ketika banyak orang mempergunakannya.

Kalau si pengguna masih merasa kurang canggih, sehingga dia masih
meng-"oprek2" indikator tsb, itu adalah SAH2 saja demi kepentingannya
pribadi.

periode bisa saja berubah dan yang seharunya reversal jadi tidak jadi .

Semua itu khan berPROSES, dimana dalam perkembangannya akan ada
potensi DENIAL.
Kadangkala dan SAAT INI, banyak member OB yang mempertanyakan
KONSISTENSI saya; apakah den BEI masih akan menuju below 1000?
Dari Chart yg sdh saya keluarkan, menunjukkan bahwa TIDAK ADA yg perlu
saya sangkal bahwa ARAH itu akan BERBALIK!

> Kalaupun IHSG jebol di 1,290.74, ada gap up yg harus ditutup,masih
turun lagi ada level 1,121.83 yang menunggu,nah jika dilihat bottom
sebelumnya dari 1,089.34 (keluar dari pergerakan normal dan kemudian
naik), level 1,102.67 (jika level ini tersentuh normal lower band juga
akan naik), serta level 1,102.67 yang lebih tinggi dari
sebelumnya,maka perkiraan saya IHSG berdasarkan data terakhir paling
dalam akan terkoreksi hanya sampai 1,121.83 (bukan dibawah 1000),
apakah kita cemas jika itu terjadi ? tidak perlu..karena sampai saat
ini 38 hari setelah jatuh di  level 1,083.34  IHSG cenderung membentuk
base yang kuat untuk naik (sideways) dan jika terjadi itu hanya
SHOOTING SUPPORT saja.--> lihat chart IHSG.Dari chart IHSG EMA
terlihat short term trading range saat ini masih antara level 1,290.74
s/d 1,406.71.

Setiap saya mengeluarkan OPINI/prediksi seringkali mengalami PENYANGKALAN.
Baik itu ketika bullish maupun BEARISH seperti saat ini.
Dan saya tidak pernah BERDEBAT bahkan menyalahkan yg KONTRARIAN dg saya.
Demikian thd seseorang yg pernah mengatakan bahwa; "Tidak ada
INDIKATOR APAPUN yang menunjukkan bahwa BEI akan menembus level 2000,
bla bla..."
Karena pernyataan itu ditunjukkan dengan penuh optimisme di hadapan
khalayak umum.
Dari pertemuan tsb, banyak yg "menyalahkan saya" karena mengeluarkan
sebuah prediksi yg terlalu PREMATUR kalau diliat secara TA.
Soalnya pernyataan itu dikeluarkan oleh seorang senior TA...

Padahal saat itu saya berasumsi juga menggunakan TA, bahkan SIMPLE TA.
Bahwa den BEI akan tembus 2000 karena saya meyakini terjadi proses
pembentukan BUMP and RUN.
Makanya saya "bandel" dengan mengaku2 sbg "James Bond" maupun "the
last man standing" bahwa BEI akan JEBOL di bawah 2000.
And now is the FACT....

Sebenarnya TANTANGAN saya saat ini adalah membuktikan bahwa CLOSING
BEI adalah below 2000.
Karena saat saya keluarkan prediksi tsb, juga banyak yg melakukan
PENYANGKALAN.
Dan ini masih berproses...
Indikator Time cluster memberi tenggang waktu hingga sebelum Natal.
Hehehe...

Tantangan yg BELUM MAMPU saya buktikan adalah BEI dapat menembus level
1000.
Dan sekarang BEBANnya jauh lebih berat, karena temen2 OB saat ini
didukung oleh Miss Elaine and Mr Artomoro.
Untuk sementara saya berlindung aja di balik "kebesaran" Ratu Sima,
kekekek....

Itu adalah PR saya untuk Planned Agenda tahun 2009....

> Menunggu adalah pekerjaan yg membosankan, namun sabar tetap harus
> dikedepankan, namun jika ada peluang untuk trading kenapa kita harus
> menunggu IHSG sampai level dibawah level 1,000 baru buy ?

Dalam banyak kesempatan, melalui YM maupun ROOM yg sering mengundang
saya, saya tidak pernah menyatakan bahwa saya STOP TRADING hingga
bottom BEI tercapai.
Sering saya katakan bahwa stiap hari ketika bursa masih masih buka,
kesempatan itu akan SELALU ADA.

berapa banyak waktu yang dikorbankan untuk itu sementara dalam
goyangan IHSG selalu ada peluang.

Fyi...dalam kondisi sideways begini, MM yang terAKTIF di market adalah
KAMI.
P Hamin dan bbrp member tahu persis yg saya maksud, dan mereka tahu
bhw saya ada di DALAMnya.
Kemarin di keramaian sektor infra, semen, dan pelayaran
Dan itu bukanlah BOZZ and the gang....

> Seorang trader tiadak akan jadi masalah kemana IHSG bergerak bukan ?.

Sudah beberapa kali; saya JUGA mengungkapkan kalimat di atas....

> Mari melihat lebih jernih...dan silahkan jika ada yg ingin
mengomentari..biar kita sama-sama belajar disini..