Just Sharing & Info aja,

Kalo anda mo invest di emas kalo tdk mo kena potong biaya/ ongkos tukang, anda
harus makesure dg toko mas ataupun bandar berapa kadar MURNI dr mas tsb, bukan
kadar TUKARAN !

Kadar MURNI adalah bener2 kadar purity dr emasnya.
                     Kadar TUKARAN adalah
Ambil contoh 24K atau sering disebut LM, tingkat kadar ke murni annya adalah
99,9%
Oleh tk mas/ bandar akan dijual dg kadar tukaran 100% atau lebih sesuai kondisi
pasar dan ditambah ongkos refinary berkisar Rp 5000-Rp10.000,-/ gr

Kalo di jual, harga LM tsb akan dihitung dg harga LM pd hr itu juga dikurangi
lagi dg biaya refinary Rp5.000 - Rp 10.000,-/gr.

Tapi kalo plakat LM 99,9% spt yg dikeluarkan oleh ANTAM, kalo beli nya di bawah
1000gr dikenakan PPN 10% dr harga jual hr itu.
Kalo di jual lg, sudah jelas 10% tsb lenyap tak berbekas !

Kalo boleh suggest, justru cari justru emas kuning kadar 22K ( 700 atau 70% )
or UP yg disebut Emas BAHAN ( or disebut emas No.2 ) ini sangat likuid !

Tapi perhitungannya agak beda sedikit, krn bandar juga mo take profit, jadi yg
kadar 700 atau 70% tsb dijual dg harga ditambahkan 5%, jadi 75% dikalikan dg
harga mas LM hr tersebut dikurangi sekitar Rp 5.000,- krn kadarnya tdk 99,9%

Contoh ; Harga LM hr ini Rp 302.000,-/gr' Emas 22K kadar 700/ 70% murni akan
dijual dg tukaran 75%