--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, dario kurniawan
<darioamran1...@...> wrote:

> Pak Mbeling,
>
> Mau tanya, sebenarnya prioritas mana lebih penting untuk dijaga
oleh pemerintah kita,  tingkat konsumsi rumah tangga atau
memperbesar belanja pemerintah dengan proyek2 under pemerintah dalam
situasi krisis ini?

--> SAma pentingnya pak. konsumsi untuk menjaga demand. proyek2
untuk memperkuat daya dukung supply.

> Kita ketahui belakangnan ini BBM sering kehabisan, minyak tanah
juga, tabung gas pernah kena imbas hilang dari peredaran. Tapi saya
heran dan kagum juga terkadang lihat rakyat di daerah2 biarpun harga
naik 3x lipat tetap saja mereka antri beli. Pertanyaannya uang dari
mana sehingga mereka masih sanggup membeli biarpun harga setinggi
langit, apakah ada pengorbanan dengan mengurangi konsumsi lain?

--> daya beli yg terpukul adalah mereka2 yg employed di traded
sektor (exp-imp), untuk yang non-traded sector masih oke. suku bunga
turun memang belum bisa langsung dirasakan efeknya, tapi itu memberi
sinyal arah kebijakan. translasinya ke sektor mikro dalam hitungan
saya butuh waktu rata2 1.5Q.

Tapi gak mungkin kayanya konsumsi kebutuhan basic manusia
dikorbankan.

--> benar, yg dikorbankan bukan kebutuhan basic.

Apa negara kita bisa selalu survive karena adat kita yang
kekeluargaan dan gotong royong , maksudnya buat beli beras ya pinjam
mertua, pinjam teman, pinjam orang tua, pinjam pak Rt.

--> karena, makan ga makan asal kumpul. hehehe.

> [...]
> suku bunga, ihsg, komo, dan kurs tidak lagi bergerak searah ke
bawah,
> artinya trend resesi mulai sideways. sektor2 yg diuntungkan adalah
> banking, consumer, dan infra.
>
> untuk komo konsolidasinya q1 ini. Lalu masalah timing, percaya aja
sama
> embah, prof jt, pak de, pak tasrul, pak pengamat market, dan
senior2 ob
> lainnya.
>
> goodluck.
> Salam Mbeling

>       Lebih bergaul dan terhubung dengan lebih baik. Tambah lebih
banyak teman ke Yahoo! Messenger sekarang!
http://id.messenger.yahoo.com/invite/

Kirim email ke