Medium Term Notes (MTN), Floating Rate Note (FRN) atau apapun namanya, itu
adalah semacam commercial paper/promissory notes.  Bedanya CP/PM punya waktu yg
singkat (1-3-6 bulan, tergantung arranger/borrowernya).  Biasanya notes2
semacam ini punya maturity 3-5 tahun, ada arrangerdan co-arrangernya, apakah
itu arranger fee, up-front fee, adminstration fee, legal fee ataupun fee2 yg
lain.  At the end, biasanya debitur cuma mendapatkan 75% dari total outstanding
debt (Dapet 90% itu sudah bagus banget).  Interest bervariasi, ada yg 3 monthly
atau 6 monthly.  Kalau "floating" berarti interestnya float, ikut bunga pasar,
kalau "term" biasanya interestnya "fixed", samapai debtnya matured

Tahun 2007 mungkin cukup mudah untuk jualan notes semacam itu, tapi dalam
kondisi ekonomi seperti sekarang ini (global crisis), akan susah untuk jualan
notesnya, sebab retail/institusi lebih suka holding cash atau melakukan
investasi riil yg sangat jelas return-nya drpd melakukan "UNSECURED
INVESTMENT".  Ditambah lagi saya yakin seluruh asset sudah pasti dipledge.
Kalaupun belum dipledge, paling juga sisa sedikit.  Biasanya yg
dijual/ditawarkan adalah "future cash flow"nya.  Bisa juga disebut junk bond,
tapi yg pasti, setahu saya, bukan merupakan salah satu produk derivative, krn
tidak ada unsur hedging disitu

Kalau MTN itu laku, kemungkinan besar dia-dia sendiri yg beli lewat foreign
direct investment.  Supaya keliatan cakep bisa jg dibuat oversubscribe, supaya
banyak semut2 yg tergiur untuk ikut2an latah.

Kalau dana MTN itu utk buy back saham/akuisisi, biasanya gak ada financial
institusi yg mau membiayai, apalagi dlm kondisi spt skrg ini, karena itu akan
dianggap bukan investasi riil, karena tidak ada future incoming cash flow dari
hasil akuisisi itu.

Saya sendiri gak ngerti kenapa strategi menjual MTN ini spt diset sbg jalan
keluar.  Kalau saya bilang seperti "too good to be true".  Tapi saya percaya
grup ini mestinya bisa bangun lagi seperti dulu.  Kalau tidak punya jantung
dobel2 mending jangan dipelototi harian.  Tapi yang jelas Pak Oentoeng sptnya
tau lbh banyak soal grup ini.  Mending kita tunggu aja postingan Pak Oentoeng
berikutnya.

Armando