Kalo memang membawa dampak yg baik saya sngt setuju skli.
Tapi,...kalo boleh terus terang sih saya agak pesimis... Didengarkah suara
kita? Mereka(otoritas bursa)pun gak bisa ngapa2in..
Sya cuma bingung, orang sukses main saham itu gak mungkin cuma dlm bbrp
bulan atau tahun saja.
Liat aja maestro yg meniti karir seprti Jesse Livermore, Warren Buffet,
O'neill, Darvas, Murphy,Weinstein,dll....
Mereka membangun karir dari nol sampe jutaan dolar bukan sebentar. Bisakah
dibayangkan saat mereka sibuk meniti karir, tiba2 duitnya "bushhhh....."
ilang gak tau rimbanya.....(ditelan kakek lampir kali :0)
Alangkah repotnya setiap kali cash in,harus lngsg segera dipindahin ke
rekening??(kalo dibiarin direkening broker,nanti ditilep)
Sbg conth kecil, saat bursa mulai bearish bbrp bln lalu,saya out total. All
cash.. Ada 2 bulanan saya biarin mengendap. Karena merasa gak comfort,dan
sptnya market bakal lama pulih, saya wd 3/4 dana. (padahal rencana awal
tarik semua). Saya pikir sisa 1/4 cash untuk siap2 kalo ada good chance...,
Ternyata.... (kata org berpikir positif aja,msh untung sdh sempet tarik 3/4
dananya) :0.
Cuma yg jadi persoalan bukan disitu.... Saya pkir gimana kalo kejadian spt
ini bisa terulang lagi?(apalagi gak dijamin). Percuma saja usaha keras kita
untuk bisa profit kalo ternyata bisa begini... Katakanlah saya buka account
baru di LG,OD,CP,atau lainnya, apakah ini bisa bener2 menjamin?
Saya pikir kalo begitu, semua textbook keuangan(saham) dulu waktu kuliah
mesti diganti..., Dulu diajarin bbrp macam risiko pasar modal; capital
loss,delist,dll. Artinya sekarang musti ditambahin satu risiko lainnya
SEKURITAS BANGKRUT, duit nasabah ILANG.. gak diganti.. hhehe, betul??
Entahlah,mungkin pake prinsip: hear no evil,see no evill aja kalo pingin
serius di saham... Percaya ajalah kalii..
Kalau boleh Ide/masukan dari senior, bagaimna caranya supaya tetep bisa
comfort berinvesting/trading dalam long term??

regards,

Kirim email ke