Secara umum, tanpa ikut milis OB-pun, seseorang biasanya selalu mencari
pembenaran atas pilihan/pandangannya. Ketika ada 10 orang bilang langit itu
warnanya ijo, sementara hanya kita sendiri yang bilang langit itu biru, bisa
jadi lama-lama kita juga sangsi apakah langitu itu memang biru ? Itulah
kenapa bearish messenger kurang mendapat sambutan, malah mendapat cercaan,
dibanding bullish messenger : karena mayoritas orang lebih mengharapkan
bullish ketimbang bearish. Padahal bursa sendiri itu akan selalu
berselang-seling antara bullish dan bearish, itu sudah bawaan dari sononya.
Saya setuju dengan tulisan pak Marcello yang bilang bullish messenger sama
berbahayanya dengan bearish messenger. Lebih luas lagi,
rekomendasi/provokasi yang disampaikan dengan bahasa santun, secara
finansial tidak kurang berbahayanya dengan rekomendasi/provokasi yang
disampaikan dengan bahasa preman. Emas akan tetap emas walaupun keluar dari
comberan. Di film-film detektif juga ada istilah good cop and bad cop,
dimana good cop 'bermain' dengan cara halus sementara bad cop dengan cara
kasar.
Buat newbie yang terjebak di BUMI, jangan berpikir bahwa anda terjebak
semata karena masih newbie, banyak profesional dan bandar (baca:big fund)
pun 'terjebak' di BUMI. Kalaupun anda sudah mempelajari TA-FA, belum tentu
tidak terjebak di BUMI. Money management and disiplin stop loss juga punya
porsi penting untuk menghindari jebakan semacam BUMI. Beberapa analis /
perencana keuangan yang sering muncul di TV menyatakan anti cut loss (untung
mereka tidak beli lehman brothers), nasihat yang sama saya kira 'termakan'
oleh banyak investor BUMI.

Rgds