Mbah, ini sekedar sharing opini saja.

Dari sisi ekonomi, DECOUPLING sbnrnya tidak pernah dan tidak akan
pernah (plg tidak utk foreseeable future) terjadi. Hubungan ekonomi
antara negara2 consumer (US + Western Europe) dan negara2 produsen
(China + emerging markets) sangatlah erat.

Keduanya tdk dapat tumbuh cepat tanpa pihak yg lainnya. Justru yg
dikhawatirkan skr adalah bahwa negara2 emerging markets ini (terutama
China), telah membuat kapasitas produksi yg luar biasa besar (utk
antisipasi demand besar yg diproyeksikan akan terus datang). Namun
demand ini tnyt tdk pernah datang.

China misalnya, dia memiliki kapasitas produksi utk bisa men-supply
40% dr ekonomi dunia, sdgkan GDP-nya hanya 7% dunia. Skr 40% ekonomi
dunia tsb sdg menyusut dg cepat. Dlm posisi ini, saya cdrg melihat
emerging markets akan terbanting lebih keras drpd developed markets.
Karena selain overcapacity (investment yg salah, yg pd akhirnya mesti
dilikuidasi), konsumsi jg akan menurun (double whammy). Sdgkan negara2
maju, sbgn besar ekonominya menyusut hny krn konsumsi menurun. Saya
tdk pernah percaya data ekonomi China yg menyebutkan pertumbuhan 6.8%,
dll. Dg puluhan ribu pabrik yg tutup, pengangguran naik, dll.
bagaimana mungkin bisa tumbuh 6.8%? Common sense mengatakan something
is really wrong.

Mengapa dulu negara2 berkembang ekonominya bisa berkembang cepat? Krn
credit bubble (yg pertama2 nampak pd housing bubble di US + Western
Europe). Housing bubble ini menimbulkan "wealth effect", yg membuat
org merasa kaya, dan menjadi konsumtif. Credit bubble ini menjalar,
dari housing ke area2 lain, sampai ujung2nya di commodity. Skr bubble
tsb telah pecah, dan utk liquidationnya, perlu proses panjang.

Dari skala bubbble-nya, yg skr ini bahkan jauh lbh besar drpd Great
Depression 1929 & Japan 1990. Jepang hingga skr belum keluar dr proses
liquidation tsb, sudah hampir 2 dekade, lho.

Opini saya, sbnrnya jika memang dulu pernah ada DECOUPLING (I really
doubt there has ever been), skr yg terjadi adalah RECOUPLING. Dg
pandangan2 spt ini, bisa jadi saya lbh bearish drpd P Oen. Utk
prediksi market akan kemana, Embah jauh lbh ahli dlm hal ini. hehehe...

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, "jsx_consultant"
<jsx-consult...@...> wrote:

> Index DUNIA selama 3 hari terakhir BERPISAH 4% lebih terhadap DJI,
> apakah index DUNIA akan DECOUPLING terhadap index USA yg cenderung
> turun ?.
>
> Atau akhirnya index dunia akan ikut DJIA juga ?.
>
> Ada yg bisa share OPINION ?
>
> Untuk investor ini MEMBINGUNGKAN tapi utuk trader:
> - JUST FOLLOW the WAVE and
>   http://www.obrolanbandar.com/piwihsg.htm
> - LIMIT YOUR RISK in every game:

Kirim email ke