Pak AA, di posting paling awal kan sudah saya jelaskan sebagian cara
dalam membaca dan memahami WD Watch List. Saya kira tidak terlalu
sulit untuk dipahami, apalagi buat yang sudah mengerti sedikit soal
analisa teknikal. Beberapa pemahaman mungkin harus disertai dengan
notasi disana-sini karena tidak bisa dipakai setiap saat dan setiap
waktu. Sebagai contoh, sinyal oscillator mungkin kurang cocok dipakai
jika range tradingnya terlalu sempit. Sama juga dengan candlestick,
kurang efektif jika chart-nya bergerak ke timur mulu. Contoh lain
walaupun BNBR dan APEX selalu ada di Top list, tapi karena Trx-nya nol
(atau mendekati nol) maka bisa diabaikan, sebaliknya KLBF yang
bergerak mendekati Zone 1 dari WD Watch List sejak tanggal 2 Feb dan
memiliki transaksi yang lumayan, boleh untuk diamati.

Seperti sering ditulis oleh pak SB, keberhasilan di bursa tidak
terlepas dari keberuntungan/berkah dari yang di atas. Kita bisa saja
mendapat keberuntungan dengan memonitor rumor dari milis/teman/broker
bahwa saham A atau B atau C 'kemungkinan' mau naik. Tapi keberuntungan
semacam ini bersifat sporadis karena cakupannya terbatas (terbatas
pada saham tertentu yang menarik minat analis, terbatas pada
saham-saham tertentu yang populer dan lain-lain). Gambaran lengkap
dari semua kesempatan yang ada tidak akan diperoleh kecuali dengan
'pemetaan' yang menyeluruh. WD Watch List ini saya buat agar kita bisa
'mengelola' semua potensi keberuntungan yang muncul secara lebih
sistematis.

Rgds

Kirim email ke