Setahu saya, DER dengan Dividend Policy itu dua hal yang berbeda.
Suatu perusahaan bisa saja DER-nya kecil, tapi pelitnya bagi dividend minta
ampun.
Kebalikannya, juga ada perusahaan yang DER-nya segede gaban, tapi bagi
dividend-nya lumayan royal.

Contoh perusahaan yang DER-nya gede dan dividend-nya lumayan itu seperti
beberapa bank.
Bank itu jenis industri yang DER-nya segede gaban.

Kalo di NYSE, banyak contoh perusahaan demi bayar dividend, bela2-in ngutang
(memperbesar DER dari 2 sisi, debt naik karena ngutang, dan equity turun
karena bayar dividend).
Soalnya urusan dividend itu sangat sensitive mempengaruhi tingkat
kepercayaan investor di sono. Kalo sampai dividend di-cut, urusannya bisa
di-downgrade sahamnya ama analis2 sono. Tapi kalo urusan hutang, mereka
lebih permissive, quite strange isn't.

Terima kasih.

Regards,
Bandar Bola