Okay, Embah. Noted.
I respect you in person. As I'm still in my 20s, I will post in a little bit
Slank language.

Bahassa Perdana ney...
Jadi lo semua gw harap sabar, super duper sabar sama kondisi market yang
lagi berjalan.
Secara fundamental big picturenya juga masey bearish abis.

Gw masey di Dubai dan sekarang ney lagi ditemenin ama temen gw dari Nakheel.
Dia kasey bilang proyek real estate sama konstruksi di sini tuh perlahan
tapi pasti mulai stuck. Gw denger proyek senilai sekitar 600 M USD (bkn
rupiah yah?) mule disuspen ama di cancel. Lo bayangin aja tuh.

Lagian secara kebanyakan penduduk di sini pendatang, arsitek, pebisnis,
pegawe hotel, bahkan pembokat ney pendatang. Mgkn 82% kale. Nah masalahnya
gini, yang bangun Dubai tuh orang-orang jauh juga loh. Asian banyak, orang
Korea juga. Di sini pendatang tuh boleh punya properti tapi non-tanah yah.
Nah waktu resesi mule melanda gini, mereka pada cabut. Alias kabur getu.
Kabur dari hutang dan kredit lah. Lagian hukum di sini agak aneh loh, jadi
berhutang tuh kaya kurang 'diperkenankan' sama syariah di sini. Jadi ada
ancaman hukumnya. Makanya tuh orang-orang pada milih kabur daripada
dipenjara.

Padahal gila bo, pembangunan real estate sama konstruksi di sini tuh
gila-gilaan! Makanya sering disebut ikon. Mule Burj Al Arab, the Palm
Islands, dan yang paling gokil tuh the Rotating Towers-nya. Gokil banget ney
apartemen tuh bisa muter 360 derajat. Jadi kalo lo tinggal di sini dalam
sebulan bisa ngadep ke arah view yang berbeda-beda.

Ya getu deh. Mudah-mudahan sey nggak parah-parah amat, cuma orang pada
tengsin juga ngeliat perkembangan kondisi di sini.

Gw mpe ngimpi ney coba DKI Jakarta bisa kaya gene. Keren! Cuma 1 hal: maju
yah maju tapi jangan karena ekspansi kredit utawa leverage mulu. Tar jadi
boomerang baru NYAHOK.

Nah, secara Amerika, Eropa, Timur Tengah masey mengerikan getu dimohon
dengan sangat yah loh kudu sabar dulu. Tar gw lanjutin kok.

Makasih yah,
Aimee

Kirim email ke