Karena DJI sudah tarik mundur 12 tahun, kemungkinan peluang IHSG akan
ditarik kembali ke rentang krisis moneter 1997/1998 di 2xx-7xx bisa saja
terjadi. Tengah2 di antara itu kan 5xx (makanya ada yang gertak ke angka
ini). Amrik saja bisa, masa pasar modal Indonesia lebih kenyal? Kalau
seluruh investor, emiten, dan anggota bursa berdiam diri menunggu nasib, ya
pasti kejadian. Kalupun mencapai 9xx, ya suspen lagi, bisa juga ditutup,
ramalan ML terjadi. Cuma bayangan saya, kalaupun IHSG mencapai angka itu,
berapa lama sih bisa bertahan? Kalau hitungannya cuma bulanan, yang jadi
korban bukan investor saham, tapi trader yang kebanyakan CL.

Lah, kalau bertahannya tahunan??? Pertanyaannya, apakah kas ditangan juga
akan lebih berharga dari saham??? Karena, kejadian itu pastilah bisa
tercapai, hanya kalau terjadi krisis ekonomi dan moneter yang membangkrutkan
seluruh emiten pencetak laba-termasuk BUMN, mulai terjadi PHK besar2an,
terjadi lagi pengangguran di mana2, pergolakan sosial segera menyusul.
Rupiah yang sudah 12ribuan per 1USD saat ini, pada saat itu mau dijadikan
berapa??? Jadi, nasibnya sama saja lah. Kas di tangan juga akan jatuh
nilainya. Deposito berapa persen sih peningkatannya? Yang pasti juga habis
digerus inflasi. Akhirnya toh sama2 menunggu ekonomi bangkit kembali.
Kesimpulannya, kalau itu terjadi, apa iya bakal makan nasi AKIK. Lha, yang
selama ini makan nasi akik mesti makan apa dong?

Lebih dari itu, yang namanya investasi kan tidak berkembang dalam hitungan
harian. Alamiahnya, ada musim menanam, ada musim memanen. Ada yang mau
menanam hortikultura semusim, ada yang mau menanam pohon tahunan. Yang
penting, tahu kapan harus memanen.  Jangan siklus panen butuh. Belum saatnya
memanen, sudah harus memanen, karena butuh duit. Atau sindrom pernah kaya.
Sudah saatnya memanen, tidak dipanen, ya dipanen orang lain.

Sekarang terlalu banyak modus yang dipakai buat cari untung sendiri dengan
getak sana sini. Pake acara dijual murah dulu, tapi tampung lebih murah
lagi. Angkat tinggi2, kemudian dihempaskan lagi. Dalam modus ini, yang akan
menjadi korban pastilah pedagang pemula yang belum punya barang, yang
berpikir bisa beli dan ditek-tok dapat untung. Atau pedagang perantara yang
rencananya bisa beli murah untuk dijual lagi ke yang mau beli lebih mahal.
Maunya dalam sekali transaksi, bisa >3%. Yang lolos, enggak akan lebih dari
10% lah, itu pun yang jari manisnya lebih panjang. Mana bisa ngikutin bos
yang sekali ngeguyur bisa 10-100 ribu. Kesimpulan, IHSG bolak-balik sampai
pelaku pasar musiman kembali ke fitrahnya lagi (P DE) atau lalat-lalat muda
keburu terbakar sayapnya (Embah).

Jadi, biar lebih ringan (naikin/turunin) yang bukan investor tulen, baiknya
menyingkir saja dahulu. Nonton gajah sama gajah adu strategi, boleh saja.
Nanti ketemu lagi di 5xx atau malah di 18xx ???

Pada 26 Februari 2009 15:56, jsx_consultant