*pa juragan listrik 500 KV, biasanya sebelum menyusun variabel yang dimasukan
kedalam penelitian tugas akhir ada teori yang mendasarinya.

 Hal pertama yang biasa dilakukan adalah menganalisa pertumbuhan penjualan jadi
diusulkan variabel pertama adalah growth of sales. Selanjutnya dari penjualan
tersebut dapat dibagi dua yaitu harga dikali volume.

Variabel kedua adalah harga CPO. O
iya untuk UNSP ada 2 kalo saya tidak salah produknya yaitu sawit dan
karet, jadi pergerakan harganya haruslah 2 yaitu karet dan sawit.

Variabel Ketiga adalah volume produksi yang bisa di bagi ke luas lahan dan
produktivitas hasil per hektarnya.

Variable Keempat yang diusulkan adalah luas lahan.

Variabel Kelima yang diusulkan adalah produktivitas per hektar.

Analisa yang berikutnya adalah operating profit margin apakah stabil atau ada
peningkatan. Variabel keenam adalah operating profit margin.

Analisa yang berikutnya adalah net profit margin apakah stabil atau ada
peningkatan. Variabel Ketujuh adalah net profit margin.

Bisa juga ada kejutan dari other income seperti penjualan anak perusahaan atau
forex gain/loss. Variabel kedelapan adalah Other Income.

Perlu juga diketahui apakah perusahaan tersebut memiliki rasio hutang yang
tinggi atau tidak. Variabel kesembilan bisa debt to equity rasio.

Pada perhitungan valuasi sering diperhitungkan mengenai dividend yield, Return
on Equti dan tingkat suku bunga. Jadi ketiga variable tersebut bisa dimasukan
kedalam variabel ke sepuluh sebelas dan duabelas.

Ada yang senang valuasi pake relative valuasi jadi P/E juga bisa jadi faktor
ketiga belas.

Ada yang memakai valuasi Free Cash Flow juga, jadi FCF juga bisa jadi faktor
keempat belas.

Ada juga yang senang melihat earning growth, ini bisa dijadikan pilihan
variabel yang kelima belas.

Merujuk kepada kenaikan dan penurunan harga komoditas CPO tahun tahun kemarin
sih, sepertinya Variabel ini yang paling mempengaruhi apakah harga sahamnya
naik atau turn.

CMIIW*

PENGARUH SUKU BUNGA BERPENGARUH POSITIF THD HARGA SAHAM PERTANIAN ?
Posted by:      "LISTRIK 500 KV" l1st...@yahoo.com    l1str1k
Fri Mar 27, 2009 5:10 am        (PDT)
Yth Para Juragan Saham,

Sebelumnya mohon maaf kalau tulisan saya mengganggu, namun saya perlu
bantuan dan berpikir forum ini bisa membantu. sekali lagi mohon maaf
kalau mengganggu.

Saya lagi mengerjakan penelitian TA, analisa faktor-faktor yang
mempengaruhi harga saham sawit ( lima emiten AALI,TBLA,UNSP,  smar dan
LSIP dengan menggunakan data panel periode 40 bulan). Dari hasil
regresi ihsg dominan, harga CPO, harga crude oil, eps, pts, suku
bunga. lainnnya tidak signifikan.. (saya meneliti 14 variabel kemudian
direduksi menjadi 10 dan signifikan 6 variabel). Saya menggunakan dummy
untuk mengatasi up normal kondision disekitar akhir tahun 2007 dan awal
2008.

Yang menjadi masalah adalah suku bunga harusnya arahnya negatif saya peroleh
positif.

Saya perlu bantuan untuk menjelaskan ini. Komentar / bantuan apapun
akan saya hargai dari ahli maupun apapun? Bagaimana arah logikanya ?
atau hasil penelitian orang lain ?

Sekali lagi saya ucapkan terima kasih.

Kirim email ke