Alkisah pada tahun 2004, terjadi demam dan optimisme terhadap suatu
saham XXXX yang baru saja mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Bandar
(BEB) dengan harga penawaran umum perdana sebesar Rp. 160; seiiring
dengan berjalannya waktu, saham XXXX melejit di BEB mencapai kisaran
Rp. 900an pada tahun 2005.

Sebagai bandar saham XXXX, owe telah mengalami keuntungan sebesar
Rp.900 - Rp.160 (harga IPO) = Rp. 740; lalu owe
berpikir...hmmm...belum dua tahun, owe udah dapet untung gede
nih...gimana kalo gue tambah jumlah sahamnya yah? biar owe bisa
untung lebih gede lagi! Nyamz! ^^

*Tuing* lalu muncullah ide owe, gimana kalo owe right issue aja itu
saham yah? hmmm...owe dah untung Rp.740 (gross), gimana kalo duit
untung owe yang Rp.740 itu, owe gulung lagi di saham itu yah?
boljug! boleh juga tuh! ^^

Lalu terbitlah pengumuman Right Issue di koran-koran negeri BTM
(Bingung Tapi Mupeng), Rasio Right Issue saham XXX yaitu 29 saham
lama berhak mendapatkan saham baru dengan harga beli untuk saham
baru tersebut Rp.770 (ini semua duit untung owe selama setahun dari
saham XXXX)

yuk kita mari berhitung! ^^

29 saham lama x 160 (harga IPO)
15 saham baru x 770 (harga Right Issue dan juga untung owe)
modal owe semuanya = Rp.16.190 /44 lembar saham
modal owe per lembar = Rp.368/lembar saham

hehehe...modal owe cumen Rp.368; asik dhe...aman...di market BEB
harganya masih jauh diatas modal owe ^^ hihihi

duh...

kayanya ada yang salah dhe, ini udah 2 taon lebih! wa kudu itung
bunganya nih! soalnya wa udah bayar banyak duit buat bayar bunga!
(maklum dhe penonton...modal juga boleh pinjam sana sini ^^ hehehe)

asumsi bunga 15% per taon, 2 taon? buset dhe...30% donk???
Rp.368 + (368*30%) = Rp.478/saham

grrr...ternyata modal wa selama ini Rp.478/saham...hiks...sedih...

setelah merenung dan merenung, akhirnya...!!!

wa lupaaa!!! selama ini wa goreng menggoreng masak memasak di BEB
juga bayar fee beli dan fee jual! hoaaaaaaa...!!! modal wa
berapaaaa????OH TIDAKKKK....!!!

asumsi...hiks...
fee beli dan fee jual selama goreng menggoreng masak memasak...
5% cukup ga yah?
soalnya dari 160 s/d 900 an, wa kudu bayar fee beli dan fee jual
tiap tingkat harga; 0,2%+0,3% per tiap tingkat harga,

kira-kira, mungkin fee selama ini mungkin sekitar 10% kali yah?
Rp.478/saham + (478*0,1) = Rp.526/saham!

ampunnn...!!! ternyata modal wa selama ini di harga segitu???
(*ngelus ngelus dada*) tapi biarlah, harga sahamnya di BEB juga
masih tinggi, wa masih untung koq ^^ hihihihi

*plup* duaarrrr...pabrik wa kebanjiran!!! dimana-mana tergenang
lumpur!!!

*kring*
gimana harga sahamnya? waduh...terus melorottttttt...hoaaaaa...!!!
ga boleh....!!!

700   oops...
.
.
.
650   hiks...
.
.
.
600   hiks...hiks...
.
.
.
550   how low can you go???
.
.
.
500   TIDAK BOLEH DIBIARKAN!!! ini udah di modal gue!!!
.
.
.
490   asik ada yang jual! wa juga perlu average down! ^^ hehehe

duh...wa kudu cari akal nih, gimana caranya supaya harga saham wa
naik lagiii!!! dan wa kudu buru-buru nih...soalnya, market itu penuh
dengan ketidakpastian! yang pasti adalah ketidakpastian itu sendiri!
hmmm...gimana caranya yah? duh...kalo kelamaan begini terus...masih
ada yang mau ikut ga yah? mumpung masih ada yang mau ikut,kayanya wa
kudu buru-buru jadi koki lagi nih...goreng goreng masak masak tumis
tumis ^^ hehehe

cumen numpang lewat mendongeng, mohon maaf bila terdapat salah kata
^^ terimakasih and God bless you all! ^^

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, "Oskar Syahbana"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Beli ENRG? Punya sahamnya ya pak?
>
> Ditanyain lagi tuh sama Bapepam, katanya perusahaan publik
penjualan kayak
> begini kudu dibuka ke publik detail transaksinya. Kagak bisa lah
asal
> confidential aja wong perusahaan publik gitu. Kayaknya bakal batal
lagi...

dan yg
siap-siap

> --
> Oskar Syahbana
> http://permagnus.com/ -- A Financial site with a human touch
> Please send private messages to iservasia[at]gmail.com

Kirim email ke