VoIP jika memang sepenuhnya dimanfaatkan oleh ISP/Operator maka akan menjadi keuntungan bagi masyarakat. Masalahnya kalo VoIP benar2x bisa diimplementasikan(tidak setengah2x) akan ada operator yg dirugikan karena masih menjual tarif dg skema SLJJ(siapakah dia,..sudah pasti ketebak).

y_dizz wrote:

Mbak Riva, konon pada teknologi komunikasi generasi ke-4 (4G), layanan voice akan digabungkan pada kanal data. Jadi nantinya akan tercipta suatu komunikasi yang sepenuhnya berbasis IP.

Jadi nantinya tidak ada lagi sistem penomoran seperti 021-777712xx atau 0812345xxx. Karena berbasis IP, mungkin gambarannya seperti kalo kita menggunakan layanan VoIP dari YM atau Skype, tentu dengan kualitas yang jauh lebih baik. Tarif yang ditawarkan juga akan jauh lebih murah, karena pada sistem IP tidak dikenal jarak. Jadi telepon ke Los Angeles akan sama murahnya dengan telepon ke Lenteng Agung. Hehehe..

Sekarang saja di USA, SMS sudah mulai ditinggalkan. Orang lebih memilih push-email atau chatting dengan Blackberry. Bukan tidak mungkin nanti juga layanan voice akan sepenuhnya beralih lewat VoIP.

Regards,
Yudizz

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com <mailto:obrolan-bandar%40yahoogroups.com>, riva darwito <rivadarw...@...> wrote:

> maaf saya agak awam dgn istilah telekomunikasi. apakah nantinya perkembangan ini juga akan menyebabkan peningkatan kualitas koneksi utk pelanggan voice ( menggunakan hp utk telepon, bukan internet) ?
>
> rgrds, Riva
> To: obrolan-bandar@yahoogroups.com <mailto:obrolan-bandar%40yahoogroups.com>
> From: y_d...@...
> Date: Mon, 13 Apr 2009 03:32:38 +0000

> [...]