Sekedar sharing aja.

Entah karena beruntung atau nekat, saya masih ingat pada bulan September itu
saya ambil keputusan berani, cut loss sampai bersih portofolio yang tersisa.
Padahal beberapa diantaranya sudah hancur2an. ANTM sudah loss 50%. BUMI, PGAS,
TLKM, LSIP loss kira2 20%. Belum rugi yang lalu2.

Sakit memang, waktu itu lihat modal tinggal sisa 40%. Tapi saya waktu itu sudah
berpikir market emang sudah nggak bisa diharapkan. Kalo ini berlanjut, begitu
sampai di bottom saya nggak bakal punya duit lagi untuk beli. Saat itu mantap
saya ambil keputusan CUT LOSS.

Kalo saya nggak lakukan itu, nggak tahu deh nasibnya sekarang, masih gabung
sama Nyangkuters kali. Lha wong saya masuk ke market itu baru January 2008,
punya barang di harga atas semua.

Pelajaran itu yang saya ambil hingga sekarang. Sehebat apapun jurus trading
Anda, when you make a mistake, GET OUT AS FAST AS YOU CAN. Jangan biarkan
masalah kecil berlarut2. Cut ketika masih loss 3-4% itu biasa. Market itu bisa
sangat kejam. Ketika loss kita membesar, 20%, 50%, bahkan sampai 95% seperti
kasus BUMI, GAME OVER. Modal kita habis, FINNISH, kita sudah tidak bisa trading
lagi.

Pelajaran kedua, terutama buat yang baru berniat masuk bursa, INVEST YOUR TIME
BEFORE INVEST YOUR MONEY. Jangan buru2 pengin trading dulu, takut ketinggalan
kereta. Kalo nanti sudah mahir, ada jutaan peluang yang bisa kita manfaatkan.

Coba beli buku2 untuk belajar TA, kalo mau gratisan yang sedia e-booknya di
internet juga banyak, belajar corat-coret chart. Manfaatkan milis OB ini
sebagai media belajar saham, banyak senior2 di sini yang dengan suka hati mau
membagi ilmunya. TA itu bukan suatu ilmu yang sulit dipelajari, satu bulan aja
kalo niat juga paham kok, apalagi sekarang udah banyak toolsnya.

Selesai? Belum...
TA & FA itu bukan jaminan sukses di bursa. There is no holy grail. Kita masih
perlu melatih mental & psichology. Melatih kesabaran, mengalahkan emosi. Tahu
kapan waktunya menyerang dan bertahan. Ini bagian yang paling sulit, butuh
pengalaman bertahun2 sebelum menguasai. Baru Anda bisa jadi trader yang matang
seperti Embah dan Pak JT.

Seorang pemenang adalah mereka yang tidak pernah berhenti BELAJAR.

Cuma sharing aja, bukan bermaksud menggurui. Lebih baik belajar dari kesalahan
orang lain. Saya adalah salah satu contoh orang bodoh yang nekat masuk ke rimba
bursa, dan harus membayar dengan sangat mahal. Jangan sampai terulang...

Regards,
Yudizz

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, "Tommy Jayamudita" <jayamud...@...>
wrote:

> Besar kemungkinan banyak member OB yang masih hold portfolio mereka yang
> nyangkut tahun lalu, alangkah baiknya bila Anda bersedia berbagi pengalaman
> dan bagaimana caranya Anda bisa mengembalikan posisi portfolio berserta
> bunga2-nya.
>
> Saya ingat ada beberapa ibu yang pernah bercerita ke Prof JT keadaan
> portfolio mereka yang mengenaskan, ini akan sangat bermanfaat bagi mereka dan
> para newbie. Gagal itu tidak menyeramkan, yang menakutkan itu adalah tidak
> tahu bagaimana untuk bangkit.

Kirim email ke