Agak beda Bu Fifi. Kalo di IPOT peraturannya cukup ketat, outstanding yang
belum dibayar sampai T+3 bakal di force sell.

Tapi ada beberapa sekuritas yang benar2 menawarkan margin, bentuknya funding
dalam rekening yang terpisah. Nggak ada batasan T+3, kita bisa hold dalam
jangka waktu lebih panjang, tentunya dikenai bunga. Margin call semestinya
dilakukan kalo nilai total portofolio kita yang dijadikan jaminan turun
melebihi ratio tertentu, misalnya 75%. Tapi banyak sekuritas yang tidak
disiplin melakukan force sell, sehingga ujung2nya waktu crash lalu banyak
pemain yang amblas portofolionya, bahkan sampai minus.

Kemarin2 sih agak sulit kalo kita mau apply rekening margin, nggak tau lagi
kalo sekarang rame lagi. Yang jelas kalo mulai banyak orang yang koar2 full
margin, saya mending cabut dari market.

Regards,
Yudizz

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, fifi young <fifiyoun...@...> wrote:

> *
> Saya belum begitu ngerti soal margin...
> apa yang dimaksud sama dengan kredit limit yang diberikan dari sekuritas?
> Atau funding dalam jumlah besar/sesuai permintaan nasabah dengan bunga
> tinggi?
>
> Kalo margin call tuh apa?
>
> Yang saya ngerti cuma kalo pake kredit limit, kalo lewat T + 3 bisa
> kena force sell plus dikenain bunga.
>
> apa ini yang disebut pake margin?
>
> Thanks.
> *