Topik: [ob] IMF: Asia Akan Pulih Tahun 2010

IMF: Asia Akan Pulih Tahun 2010

BEIJING. Perekonomian Asia bisa mulai pulih tahun depan dengan disokong oleh
permintaan ekspor yang menguat dan stimulus. Hal ini dikatakan oleh
International Monetary Fund, hari ini (23/3).

Perdagangan yang digelindingkan di Asia telah tergencet lebih parah dari
yang diprediksikan semula lantaran kemerosotan perekonomian global yang
paling buruk sejak 1930; meskipun banyak ekonom kini lebih kuat ketimbang
krisis yang pernah menerpa Asia pada 1997.

"Pemulihan yang paling sederhana, diproyeksikan akan berlangsung pada 2010,
dengan disokong oleh peningkatan pertumbuhan global dan dorongan dari
kebijakan fiskal yang makin luas maupun kebijakan moneter," tegas IMF.

Jepang, raksasa perekonomian Asia, bakalan mengantongi pertumbuhan sebesar
0,5% di tahun 2010 setelah tergerus 6,2% tahun ini. Korea Selatan, Taiwan
dan negara-negara industri anyar lainnya juga diprediksikan akan tumbuh 0,8%
setelah terkikis 5,6% tahun ini.

Pertumbuhan China, India dan emerging market lainnya, diprediksikan akan
melonjak sebesar 5,3% setelah terjungkal 3,3% tahun ini. 185 negara memberi
nasihat pada pemerintah dalam pengembangan perekonomiannya dan menyediakan
utangan untuk menyeimbangkan masalah pembayaran.

Namun, IMF juga memperingatkan perekonomian Asia yang akan menghadapi risiko
jika permintaan global melemah lebih lanjut. IMF menegaskan, negara-negara
di Asia bisa melakukan hal yang lebih banyak lagi untuk mengurangi
ketergantungan terhadap ekspor dengan mendorong konsumsi domestik.

Dus, tantangan utama negara-negara Asia adalah untuk mengurangi
ketergantungan ekspor sebagai sumber pertumbuhan ekonomi. Meski China,
Jepang dan negara lain telah merilis rencana stimulus, namun masih ada ruang
yang cukup besar untuk mendorong pertumbuhan domestik.

Asia telah diprediksi untuk tidak terlalu menderita oleh gebukan krisis
lantaran kuatnya perbankan dan minimnya penyerapan kredit perumahan AS.
Namun, Asia tak bisa terhindarkan dari kolapsnya perdagangan.

China telah menunjukkan sinyal-sinyal pemulihan, dengan produksi pabrikan di
bulan Maret dan penjualan otomotif telah menunjukkan peningkatan. Hal ini
disurung oleh stimulus China sebesar 4 triliun yuan atau setara dengan US$
586 miliar. Namun, ekonom memperingatkan, lonjakan yang dicapai ini akan
terkikis jika perdagangan terus merosot.

Pertumbuhan China diprediksikan meningkat 7,5% pada tahun 2010 setelah
tumbang 6,55% tahun ini. Perekonomian India juga diprediksikan akan naik
5,6% tahun ini setelah menyusut dari 7,3% tahun 2008 menjadi 4,5% di tahun
ini.

Penyusutan di Asia yang paling besar, yaitu Singapura yang sangat bergantung
pada perdagangannya, diprediksikan akan terjungkal 10% tahun ini dan
ditambah lagi 0,1% tahun depan.

Pemerintah harus siap untuk menggunakan dana publik untuk memperkuat
perbankan dan membereskan beragam permasalahan sebelum mereka berdampak pada
institusi yang kini masih terbilang "sehat".

IMF mencatat, India, Indonesia, China dan Jepang telah mencoba untuk
menopang stabilitas keuangannya dengan memperbesar kredit korporasi,
memperbesar garansi deposit bank dan kebijakan lainnya.

"Bagaimanapun juga, otoritas sebaiknya disiapkan untuk melakukan hal lain
jika dibutuhkan," tegas IMF.

Tu..kan IMF aja nyebutin ASIA berkali-kali dan melihat historinya IMF yakin
kalo ASIA akan pulih tahun depan
Pada 24 April 2009 15:34, Auto Reject <otore...@yahoo.com> menulis:

> Klo DEWA gmn?? tp blon sempet tidur lama tuh.yg dah lama tidur tuh SAPD &
> BCAC itu juga klo I boleh diubah jadi A.
> hehehehe

Kirim email ke