Terima Kasih Pak Yudizz buat infonya.

Sent from TradingBerry®
sponsored by Sinyal Kuat INDOSAT

-----Original Message-----
From: "Yudizz" <yudiz...@gmail.com>

Date: Sat, 2 May 2009 18:28:27
To: <obrolan-bandar@yahoogroups.com>
Subject: RE: [ob] Re: tanya ttg warrant?

Duh, dari sekian banyak member OB kok nggak ada yang bantu Pak Mico ya? Kalo
broker saya menjuluki warrant ini VETSIN, alias bumbu penyedap doang.

Gambaran sederhananya begini Pak, warrant itu salah satu produk turunan dari
saham, atau biasa kita sebut DERIVATIVE. Mirip dengan options di pasar US,
pemilik warrant memiliki hak untuk menebus warrantnya untuk ditukarkan
dengan saham induknya. Contohnya begini, Pak Mico beli PNLF-W kemarin
seharga 4. Bapak bisa hold terus, hingga pada saat maturity datenya (tanggal
warrant itu expired) yaitu tanggal 10 Juli 2009, untuk nantinya ditukarkan
dengan saham induknya (PNLF) dengan menebusnya di harga exercise price 125.
Artinya Pak Mico untuk menebus PNLF total harus keluar duit 4+125 = 129.
Jika pada saat maturity datenya PNLF bisa naik di atas 129, ya tentu Pak
Mico untung dong.

Yang harus diperhatikan jika ingin berinvestasi warrant ya terutama 2 hal
itu tadi: Maturity Date dan Exercise Price, yang beda2 tiap sahamnya. Bapak
bisa cek keberadaannya, biasanya ada di daily review sekuritas (bagian
pengumuman CA), atau di OLT seperti IPOT juga menyediakannya. Namun dalam
kenyataannya akhir2 ini saya jarang menjumpai investor yang untung saat
menebus warrantnya. Seringkali harga saham induknya ada jauh di bawah
exercise price.

Kalo ingin mengeruk keuntungan dari warrant, saya lebih suka lewat cara
trading. Pergerakan harga warrant itu sendiri biasanya mengikuti harga
induknya, jika induknya naik maka harga warrant ini ikut terkerek juga.
Kadang malah jauh lebih heboh warrant daripada induknya. Induknya naik 10%,
warrant itu sendiri bisa naik puluhan sampai ratusan persen (di warrant
tidak mengenal mekanisme auto reject).

Ini cuma pendapat pribadi aja, sorry kalo perumpamaannya nggak enak. Main
warrant itu seperti main sama wanita nakal. Jangan dibawa pulang ke rumah,
nanti anda bisa digebukin sama bini anda, hahaha. Artinya gini, saya prefer
trading warrant untuk timeframe very2 shortterm. Biasanya cuma one day
trading, beli pagi jual sore. Paling pol seingat saya cuma pernah hold 2-3
hari aja. Tahun lalu jagoan saya PNLF-W dan UNSP-W, cuan cukup banyak juga
dari situ. Sekarang sih saya udah nggak pernah utak-atik lagi, sadar umur,
hahaha.

Ingat, prinsip investasi paling utama: Low Risk Low Return, High Risk High
Return. Karena fluktuasinya cukup ekstrim, warrant ini tampaknya lebih cocok
buat penyuka adrenalin. Kedisiplinan kunci utamanya: let your profit run,
always cut your loss immediately. Banyak rekan2 seperjuangan saya yang
mampus gara2 warrant, ya karena tidak disiplin itu tadi.

Regards,

Yudizz

  _____