Wah, money management itu urusannya dengan style Pak, bergantung dengan
toleransi masing2 orang terhadap resiko. Stylenya Embah beda dengan Pak JT,
Pak JT beda dengan Pak DE. Paling sip kalo kita mengembangkan style sendiri
yang cocok buat kita.

Tapi ini menarik untuk dibahas. Sekedar sharing, akhir2 ini saya pagi2
sering ditanyai, "Yudis, hari ini beli saham apa?". Lama2 saya malas jawab
juga, karena sebenarnya lagi panic buying seperti ini beli saham ngawur pun
bisa cuan. Lha wong perusahaan rugi kaya ANTM & TINS aja bisa naik belasan
persen kok.

Nah, karena iseng, akhirnya kemarin saya bertanya balik kepada rekan2 saya
itu, "Memangnya portofolio saham kamu isinya apa saja?". Saya agak kaget,
karena banyak juga yang di rekeningnya terdapat belasan sampai puluhan
saham, dengan rata2 porsi yang kecil.

Kalo menurut pendapat saya sih itu kurang efektif. Resiko memang terbagi
rata, tapi returnnya pun tidak akan maksimal. Kalo lagi bullish seperti ini
mungkin bisa santai, ditinggal tidur aja. Coba kalo market mendadak berbalik
arah, bisa2 kita bingung mana yang mesti di-cutloss duluan.

Saya kebetulan bukan penganut prinsip difersifikasi. Kalo kita menaruh telur
di terlalu banyak keranjang itu sebenarnya sama saja kita tidak tahu mau
invest dimana. Prinsip saya AVERAGE YOUR WINNING POSITION. Saya cenderung
menempatkan porsi yang besar pada 2-3 saham saja, jarang sekali portofolio
saya berisi lebih dari 5 saham.

Bagaimana menerapkan AVERAGE WINNING POSITION? Kalo anda investor, tempatkan
uang anda pada saham2 yang berfundamental kuat, dengan return yang tinggi.
Kalo anda trader, tambah posisi pada saham yang memiliki high reward dan low
risk, kurangi posisi jika rasio risk dan reward sebaliknya.

Itu tadi kalo style saya. Kalo memang nggak sepaham jangan dicela ya, kan
tiap orang punya gaya masing2. Yang penting ujung2nya CUAN...

Regards,
Yudizz