Pa' boss

Jika harga TIN di LME = 10.800 USD/MT, berapa kah SEHARUSNYA harga saham
TINS yang wajar di BEJ?

salam

On 1/4/07, EKA SUWANDANA <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

  Kalo saya lihat harga TIN di LME sekarang 10800USD/MT SEHARUSNYA masih
bisa naik fundamentally. TIN fundamentally tertekan 4 tahun gara2 tambang
liar. 'Dibereskan' SBY karena di World Mining Forum di ledek oleh perush2
mining lain kok harga TIN memble!

Dgn margin kotor sangat tipis tahun lalu dan masih surface mining
potential upsidenya masih besar. Beda dgn Emas, Coal, Nickel semuanya sudah
ada yg deep underground mining. Seperti di Australia saya lihat di
Discovery Channel penambang bisa hidup 6 jam/hari 400meter di bawah tanah,
sampai mau BAB saja tinjanya dikirim pake rel ke atas. Butuh koran, makanan
dikirim pake pipa kebawah, suhu di bawah bisa 40 derajat Celcius!

*EKA SUWANDANA <[EMAIL PROTECTED]>* wrote:

 Lihat dari Financial Report Q3 2006, harga rata2 TIN utk PT TIMAH dari
Januari s/d September ada di $8343/MT, COGS nya ada di $8012/MT (karena
rupiah dan BBM Industri naik COGS naik dari 7600 USD/MT tahun lalu).
Sementara harga dari JUNI-SEPTEMBER TIN ada di $8699/MT, sedangkan COGSnya
ada di $8257/MT.

So rata2 laba kotor JAN-SEP 2006 per /MT , USD331/MT utk JUN-SEPT
USD442/MT, di q1 malah sempat USD200-an/MT, tahun lalu rata2 2005 margin
504USD/MT sempat cuma 100USD/MT dari JUNI-SEPT 2005.

Kalo asumsi sekarang 10800 USD/MT dgn COGS 8200 USD/MT, margin usaha 2600
USD/MT.

So laba kotor tahun 2007 bisa naik 4-8 kali.

Yg perlu dicatat :
1. Penguatan rupiah
2. Cadangan Bangka 7 tahun.....aset susut separuh dalam 7 tahun, NPV-nya?

Hmmm ! Gimana nih!

*EKA SUWANDANA <[EMAIL PROTECTED]>* wrote:

 Harga 6000-7000 sudah wajar! Itu PER=10x.

*Knight <[EMAIL PROTECTED]>* wrote:

 jadi TINS tunggu ke 5000?
maap boss, gw gak ngarti yg begitu2an .. tau nya cuan ajaa ..beli di
berapa enaknya?

On 1/3/07, EKA SUWANDANA < [EMAIL PROTECTED]> wrote:

>     Cadangan TIN di BANGKA 7 tahun utk tambang permukaan (selanjutnya
> deep mining, cost naik berlipat2 ), yg di Belitung diatas 10 tahun.
> Jadi bedanya beli TINS dgn beli ANTM/INCO  (deposit diatas 30 tahun, utk
> surface mining), *Beli TINS seperti beli APARTEMEN 'HAK SEWA' 7 tahun
> (banyak kan developer jualan apartemen 'hak sewa 30 tahun!) , anda beli
> masih bisa dikontrakan dan cuan, tapi beli INCO/ANTM seperti beli rumah
> mahal mewah bisa dikontrakan 30 tahun dan diwariskan ke anak (utk saham
> tambang deposit 30 tahun depresiasi masih kecil). *
> **
> [...]

Kirim email ke