Market itu nggak bisa diperintah, jadi sehebat apapun ilmu anda, sebesar
apapun power anda, jangan berharap market akan ikut apa yang ada di pikiran
anda. Apa karena kita sudah beli di support, besok harga nggak mungkin turun
lagi? Apa karena bandar XX borong sekian juta lot, harga pasti akan naik?
Atau kalo analis bilang saham XXXX ke 5000, pasti harga akan ngikut?

Feeling & emosi kerap membuat analisa & tindakan kita jadi bias. Itulah
kenapa ada beberapa sekuritas melarang research teamnya untuk pegang posisi
di saham. BD paling pinter memainkan emosi pasar, contohnya Jumat kemarin,
saat BG dibanting sampai AR dan diangkat tinggi lagi dalam 15 menit.

Suka heran nggak kenapa saat kita paper trading, bisa jadi kita cuan gede.
Giliran pake uang beneran malah loss. MONEY CAN MAKE PEOPLE IRRATIONAL.

Regards,

Yudizz

  _____