From: "Hendra Santosa" <sa...@budgetmate.net>

Date: Thu, 04 Jun 2009 01:35:34
To: <obrolan-bandar@yahoogroups.com>
Subject: Re: [ob] SCENARIO + Dollar + Inflasi -> Pak Rei

Hahaha saya juga bukan bekerja di perusahaan di bidang ekonomi kok hahaha tapi
sudah masuk salah satu perush publik di nasdaq/techno. :)
saya cuma suka baca ekonomi saja pak ... apalagi kalau bisa dijabarkan pakai
angka seperti Pak Tasrul dan Pak Hans jadi jelas. :)

Semalam bagus tuh dari si Ben kelihatan jelas maunya big boss kemana. Beberapa
points penting dari si Ben:
1. Dia mengakui jangka pendek akan tetap terjadi deflasi tapi dia juga
mengakui, jangka panjang akan ada ancaman inflasi. Nah ini yang penting, jangka
pendek jelas terjadi deflasi. Sementara inflasi jangka panjang masih sekedar
'ilusi', istilahnya dia memberi ancaman kepada para pemegang 'cash' saat ini
dengan ancaman inflasi di jangka panjangnya, tapi di-iming2-in greenshots saat
ini.
2. Dia tidak bisa menjawab bagaimana cara mengatasi deflasi di tengah kekacauan
ekonomi. Dia hanya bilang consumer spending sekarang sudah stabil, dia
mengharapkan akan adanya peningkatan ekonomi dari consumer spending, di luar
housing. Kalau ga salah akan dikaitkan dengan stimulus perpajakannya. cmiiw

Beberapa deal dengan China yang sudah kelihatan:
1. China kemarin sudah mengakui dollar US$ akan tetap dipakai. (cnbc)
2. Ben juga tidak kuatir sama sekali US$ akan digantikan.
Artinya prinsip utama sudah ada jembatan, semua setuju US$ dipakai, komoditas
akan tetap terus dipatok pake US$.

Yang menjadi permintaan China sepertinya adalah bagaimana government US bisa
menjamin uangnya tidak disia2kan atau istilah kerennya mengurangi deficit-nya
setelah diguyur banyak hutang. Yang saya tangkap semalam adalah peningkatan
pajak. Nah loh pajak akan meningkat di masa mendatang kalau ga salah menjadi
60%, weks mampus rakyatnya dibebani pajak yang sangat besar, nah ini
permasalahan pentingnya ... Tapi sepertinya Ben akan mencoba tax cut untuk
mengatasi tax increase, metodenya rada pusing, saya juga bingung. :p

Mengenai tanggapan congress pengurangan deficit dengan cara membentuk media
baru lain sejenis medicare, yaitu pemerintah membentuk sejenis medicare baru
untuk menarik rakyat untuk saving sehingga bisa mengurangi deficit di masa
depan, dinilai Ben tidak akan efektif.

Sekarang bolanya ada di Ben, congress dan Obama ... Kita tunggu saja skenario
berikutnya. :)

Kalau ada input lain ...

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, Rei <highwaysta...@...> wrote:

> Terima kasih analisanya pak!
> Pak Hendra ini pasti bekerja di bidang yg berhubungan dgn ekonomi, hehe...
> atau paling tidak pemerhati ekonomi (senang ekonomi). Analisanya tdk
> sembarang, ada penjabarannya.
> Mengenai trading memang pusing dgn daily price movement, apalagi kalo saya
> disuruh lihat antrian bid/offer, broker2 siapa yg beli/jual...duh mumet,
> jadi saya juga mirip2 pak Hendra walau lbh susah jual dibanding
> beli :-) Memang saya perhatikan utk jadi trader harian/short term, mesti ada
> passion macam pak JT, MD, Hmin...mereka jago2 tuh dan senang otak atik
> [...]

Kirim email ke