GST = goods and services tax, ini pajak untuk konsumen ahir, yaitu pemakai
ahir.

Jadi kalau orang / badan membeli barang utk diproses lebih lanjut, tidak
akan kena tax ini.
Biasanya besaran antara 1.5% sampai 5%

Kalau anda membali barang2 di Singapore (kamera, laptop dsb) maka anda
dibebankan tax tsb.
Sampai di Changi, kalau nilainya diatas nilai tertentu (missal SGD 10)
kita bisa claim kembali nilai GST itu (karena kita kan turis) dgn
menunjukkan paspor dan boarding pass (jadi barang akan dipakai diluar
Singapore)

Berbeda dgn filosofi PPN, semua barang kalau berpindah tangan (transaksi)
maka semua nya wajib dikenakan beban tax 10%
Walaupun pada ahir bulan kita bisa mengajukan pembebasan PPN selama kita
bisa kasih liat faktur jual (karena dibebankan ke konsumen selanjutnya)
tapi ini dipercaya orang memberikan beban biaya tinggi.  Di Negara kita
semua kena pajak, walaupun ini adalah proses antara untuk produksi
selanjutnya.
Kecuali transkasi saham dan hasil dividennya itu masih bebas pajak.

Kalau nggak salah didunia Cuma ada 3 – 4 negara yang masih menganut system
PPN; yang lainnya sudah memakai system GST.
Jadi Negara seperti hongkong, Singapore, macau itu mempunyai aktivitas
trading yang luar biasa besarnya, karena pemerintah membebaskan pajak2
tersebut.

Gicu mas,(PCMIIW)

A3K