Rekan2 pebisnis saham (baik traders/investor)

jika dilihat dari BADAI 1 minggu terakhir ini, banyak dari kita yang setiap
paginya mengharapkan harganya REBOUND.
termasuk saya

alasannya adalah, secara teknikal harganya sudah rendah (oversold).

bahkan termasuk hari ini adalah ANOMALI besar karena selain alasan di atas
isu di bursa regional +.

Jadi, pesan saya adalah
ketika harga saham sudah mulai naik (walaupun sedikit) disertai dengan besarnya
volume di atas rata-rata, maka itu adalah INDIKASI rebound.
Jika hari kedua juga plus....
tandanya KEKAWATIRAN PASAR berkurang yang bertambah adalah OPTIMISME PASAR.

secara fundamental --> OK

Jadi, dugaan saya adalah akan terjadi TECHNICAL REBOUND

tapi sebaiknya ANDA juga harus tetap DISIPLIN CUT LOSS
sehingga jika Anda RUGI nilainya kecil...
tapi ketika ANDA beli dan naik.. Anda akan menikmati rebound

Hitung ulang reward vs risk Anda

Saya yakin Anda semua sudah paham, tahu, dan ahli di bidang ini, namun
secara PSIKOLOGIS manusia itu mudah lupa :)

Jadi tugas saya sebagai sesama pebisnis saham mengingatkan.

INGAT: SALAH SATU HASIL RISET PEMENANG NOBEL EKONOMI:

SELLING WINNER TOO SOON HOLDING LOSER TOO LONG
maksudnya bukan masalah bluechip
namun jika turun setiap dari kita BERIMAJINASI BAHWA AKAN REBOUND SECEPATNYA

Jika pendapat itu didukung dengan alat analsisi tidak masalah.
Namun jika HANYA INTUISI, MAKA

history will repeat ITSELF

SALAM HANGAT

DS