PT Koba Tin Rugikan Negara Lebih Rp 15 Triliun
Dua Kolektor Susul Mathias
Kamis, 15 Feb 2007 01:59

PANGKALPINANG –– Setelah tiga jajaran direksi PT Koba Tin dijadikan
tersangka, kini dua kolektor yang biasa memasok pasir timah ke Koba Tin
bakal menyusul. Saat ini penyidik dari Bareskrim Mabes Polri terus
mengintensifkan pemeriksaan saksi-saksi.
Dalam jumpa pers, Yusuf didampingi Kabareskrim Mabes Polri Komjen
Bambang Hendarso, Deputi Operasional (Deops) Irjen FX SUnarno dan Kadiv
Humas Irjen Pol Sisno Adiwinoto. Tampak pula Direktur V Tipiter Brigjen
Pol Drs Tukarno, Kapolda Kepulauan Babel Brigjen Pol Drs Imam Sudjarwo
MSi, Wadir V Tipiter Kombes Drs Hadyatmoko serta Direktur dari
Departemen Energi Sumber Daya Mineral dan Direktur Departemen Kehutanan.

Dalam keterangan resmi kemarin, Yusuf menegaskan bahwa PT Koba Tin
diduga melakukan tindak pidana pertambangan dengan cara membuat
perjanjian imbal jasa dengan 42 kolektor. Perusahaan tersebut juga
diduga telah melakukan penambangan di luar kontrak karya. Dimana dalam
modus operandinya, PT Koba Tin menerima pasir timah dari kolektor yang
diambil dari luar kontrak karya yang dimiliki PT Koba Tin.

Dalam praktiknya, lanjut Yusuf, PT Koba Tin membuat perjanjian dengan
pihak kedua dan kontraktor dengan mendapat imbal jasa untuk melakukan
penambangan di wilayah kontrak karya PT Koba Tin. Namun kata Yusuf,
perjanjian yang dibuatnya itu hanya formalitas.

"Pihak kedua melakukan penambangan tanpa izin di luar kontrak karya
PT Koba Tin dan hasilnya diterima PT Koba Tin dengan memberikan imbal
jasa berupa uang. Disamping itu PT Koba Tin dengan sengaja tidak
melaksanakan isi perjanjian," ungkap Yusuf.

Dalam kasus ini, menurut Yusuf, PT Koba Tin telah melanggar pasal 31 (1)
UU No 11 tahun 1967 tentang Ketentuan Pokok Pertambangan, dan pasal 480
KUHP tentang penadahan. Bahkan dikemukakan Yusuf, penyidik Bareskrim
telah periksa 16 orang saksi dari PT Koba Tin, 19 orang kolektor,
sembilan orang dari tambang ilegal, satu orang dari PT Timah dan
mendengar keterangan ahli dari Departemen ESDM dan Departemen Kehutanan.

Yusuf mengatakan, dalam kasus ini tidak menutup kemungkinan akan
dikembangkan dugaan tindak pidana mengenai lingkungan hidup.

Sementara Kabareskrim Mabes Polri Komjen Pol Drs Bambang Hendarso
mengungkapkan, bentuk barang yang sudah dioperasikan PT Koba Tin dan
saat ini sedang diamankan nilainya sekitar Rp 1,2 triliun.

Dari perhitungan sementara oleh Irwasum, kerugian negara akibat
penambangan ilegal PT Koba Tin mencapai Rp 12 triliun-Rp 15 triliun.

"Kerugian negara dalam tiga tahun yang dijalankan ini diduga
dilakukan dengan modus, pada tahun I masih berjalan sesuai dengan
normal. Namun bila dua tahun saja, kerugian diperhitungkan hampir antara
Rp 12 triliun - Rp 15 triliun," ungkapnya.

Jumlah kerugian tersebut menurut Bambang, baru dihitung dalam asumsi
dari perhitungan barang yang berhasil disita, kerja sama dengan
kolektor, yang berhasil dijual tanpa melalui prosedur yang benar
sehingga royalti tidak diselesaikan. Sedangkan harga timah sampai Rabu
(14/2) sudah mencapai 13.000 US dolar permetrik ton. Sebelumnya hanya
8.000 US dolar permetrik ton.

Bambang juga mengemukakan bahwa 42 kolektor PT Koba Tin tidak sesuai
dengan ketentuan perjanjian dalam kontrak karya.
"Pasir timah yang masuk dari sekitar 42 kolektor yang ilegal
sebanyak 3.000 ton perbulan. Sedangkan pasir timah yang diambil dari
wilayah kontrak karya PT Koba Tin dalam satu bulan hanya sebanyak 200
ton," jelas Bambang.

Wadir V Tipiter Kombes Drs Hadyatmoko menambahkan, hingga saat ini ada
satu dari empat tanur milik PT Koba Tin tetap beroperasi. Tanur ini
dibolehkan beroperasi karena bahan bakunya diperoleh dari tambang legal.
Sedangkan tanur lainnya yang bahan bakunya diduga dari luar kontrak
karya sudah tidak ada kegiatan sejak disegel beberapa waktu lalu.

"Hanya satu tanur yang beroprasi, dan tiga tanur lainnya berhenti
dengan sendirinya karena bahan bakunya sudah tidak ada," katanya.

Sedangkan Kapolda Babel Brigjen Pol Drs Imam Sudjarwo mengatakan saat
ini penyidik masih melakukan pemeriksaan terhadap mitra PT Koba Tin
termasuk para kolektor pasir timah.
"Penyidik masih periksa sebanyak dua orang kolektor dari 48
saksi," jelas Imam yang belum mau menyampaikan nama kolektor yang
akan ditetapkan sebagai tersangka.

Imam menambahkan, mereka yang melakukan usaha pertambangan timah ada
kewajiban untuk mereklamasi lahan yang menjadi Kuasa Penambangan
(KP)-nya.

"Kalau nanti tidak bisa melaksanakan reklamasi, bisa dikenakan
masalah lingkungan hidup. Dan ini akan dikembangkan oleh penyidik,"
tandas Imam.

Melibatkan Dephut

Dalam penyidikan kasus pertambangan di Babel, ada beberapa tindak pidana
yang dilanggar termasuk lingkungan hidup. Penyidik menemukan ada
pertambangan dilakukan di area hutan produksi yang digunakan untuk
kegiatan pertambangan liar.

Karena itu penyidik dari Bareskrim Mabes Polri mengikutsertakan tim dari
Departemen Kehutanan (Dephut) untuk membantu penyidikan kasus
pertambangan di daerah ini.

"Kita akan lihat juga. Bahkan kita juga sudah ukur dengan GPS. Kalau
nanti penambangan di dalam hutan produksi maka akan kita sikapi. Namun
itu akan kita lihat dulu dari hasil pengukuran tim," kata Kasubdit
Penyidikan dan Perlindungan Hutan Departemen Kehutanan M Awria Ibrahim
ditemui Bangka Pos Group, Rabu (14/2) di Mapolda Babel.

Awria menegaskan pelaku penambangan harus mereklamasi lahan yang
ditambang. Kalau tidak direklamasi itu termasuk pelanggaran dan akan
diselidiki oleh tim penyidik.

"Jadi yang punya izin untuk kasus pertimahan sudah direklamasi. Dan
kita sudah coba di beberapa tempat di Bangka dari tahun 70-an, namun
hasilnya tidak begitu memuaskan," ujarnya.

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, "James Arifin" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> baiknya jangan terlalu greedy yah ... wong resistennya sudah jelas2
> ditontonin ... kok maksa ... hehehh ... tunggu aja di 7900-8100
(rekomendasi
> Danareksa hari ini) atau sekalian tungguin di gap besarnya di 5900.

<obrolan-bandar%40yahoogroups.com>,

obrolan-bandar@yahoogroups.com<obrolan-bandar%40yahoogroups.com>,

Timah

Jadi