Menurut saya target akurasi 70% itu cukup fantastis karena mayoritas
trader top dunia pun jarang mencapai itu. Jadi kalau ada trader
berumur 17 tahun dan berupaya melampaui capain trader top dunia (Steve
Cohenncapai target itu, mungkin terinspirasi oleh ucapan Bung Karno
"Gantunglah cita-citamu setinggi langit". So ndak ada yang salah jika
Billy ingin menjalankan saran bung Karno bukan?

Di luar itu, yang saya heran kenapa sekian minggu belakangan topik
Billy menjadi hot banget di milis ini ? Jika membaca tahap
perkembangan trader seperti yang ditulis Van Tharp / Alexander Elder,
trader pemula mayoritas memang punya cita-cita setinggi langit, profit
sekian ratus persen dalam setahun atau untung 2% setiap hari dan
sebangsanya. Faktanya jarang sekali yang bisa mencapai itu, Nicolas
Darvas pun bisa matang dengan tekniknya setelah jatuh bangun 4 tahun
dan baru berhasil ketika kondisi market yang bullish mendukung
teorinya sehingga berhasil.

Sebenarnya saya lebih tertarik jika yang dikompetisikan adalah tingkat
pertumbuhan modal dalam sekian periode (seperti yg diadakan oleh
beberapa broker) karena dalam mengembangkan modal (yang merupakan
tujuan akhir dari trading/investing) sudah tercakup akurasi prediksi,
money management, teknik trading, alokasi dana dll. Ini tentu lebih
lengkap ketimbang sekedar kompetisi akurasi prediksi.
Tapi saya bisa memahami kenapa embah hanya fokus pada akurasi
prediksi, mungkin karena hanya faktor itulah yang bisa dipublish ke
milist, sementara money management, teknik trading, proporsi dana dll
agak sulit penilaiannya. Masalahnya, kita semua tahu, walaupun
prediksi sering bener, tapi jika sekali cut loss semua profitnya ilang
(bahkan nombok), modalnya malah jadi berkurang. Sebaliknya walaupun
prediksi sering salah/cut loss, tapi sekalinya benar, profitnya bisa
nutup semua loss (bahkan masih untung), otomatis modal bertumbuh. So,
what is the point on emphasizing accuracy on stock price prediction ?

Just my two cents...

Rgds

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional