From: jsx_consultant <jsx-consult...@centrin.net.id>
To: obrolan-bandar@yahoogroups.com
Sent: Saturday, August 22, 2009 10:43:44 PM
Subject: [ob] Re: ASII in the position to trade?

Embah sih bukan ahli harga minyak, jadi cuman bisa jadi PENGAMAT
doang...

Tapi ini dari sejarah:
- Dulu minyak topnya sampai mencapai 145 atau 147, lupa euy...
- Ketika minyak lagi bergerak dari 100 ke 145, para BD commodity
cuci gudang pelan pelan, dan ketika udah sampai 145, harga
minyak dibuat CRASH.

Saat ini minyak 73,8, apakah ini FUNDAMENTAL DRIVEN atau
SPECULATIVE DRIVEN seperti awal crash 2008, embah ENGGA TAHU,
ada yg bisa bantu jawab ?.

--- In obrolan-bandar@ yahoogroups. com, "YUTA" <yuta.tiziano@ ...> wrote:

> Embah.
>
> Saya tidak ngerti TA, mungkin saja minyak akan naik sampai USD 77-78 sebelum
> koreksi lagi.
>
> Tetapi dari segi fundamental, sepertinya harga sekarang overshoot. Alasannya:
> - mesin2 pabrik belum full swing karena demand yg masih lemah dan lay off yg
> masih berlanjut
> - efisiensi terus menerus akan menekan pemakaian operational cost (minyak)
> - mobil hemat bahan bakar terus diluncurkan
> - ratusan kapal masih unemployeed dan idle di beberapa ports besar
> - BDI yang masih terus koreksi

Kirim email ke