From: Rei <highwaysta...@gmail.com>
Subject: Re: [ob] Re: ASII in the position to trade?
To: obrolan-bandar@yahoogroups.com
Date: Sunday, August 23, 2009, 8:29 AM

Tapi kalo harga minyak naik/turun banyak overnight hanya krn berita ekonomi yg
encouraging/ discouraging, bukankah itu hanya spekulasi Mbah?...

2009/8/23 jsx_consultant <jsx-consultant@ centrin.net. id>

Jika harga minyak jatuh dibawah cost untuk suatu sumur, logikanya
sumur itu ditutup. Dan sebaliknya jika harga minyak naik lagi
diatas costnya maka suatu sumur yg sudah di abandon akan dioperasionalkan lagi.

Ketika harga minyak jatuh dibawah 40 dollar otomatis jumlah
rig berkurang. Sebaliknya jika harga minyak mulai tinggi
lagi seperti sekarang maka jumlah rig yg dibutuhkan bertambah
lagi.

Pertambahan jumlah rig tentunya suatu investasi karena rig itu
mahal biayanya tapi ini belum menjawab apakah harga minyak
saat ini Demand Driven atau cuman permainan harga di bursa saja.

Otoritas pun sebenarnya sudah tahu bahwa harga minyak itu
merupakah ajang spekulasi dan permainan, ini yg membuat
otoritas membuat aturan untuk meredam spekulasi harga
minyak yg akan segera berlaku.

--- In obrolan-bandar@ yahoogroups. com, TimurLaut <i4...@...> wrote:

> Total rig counts (Baker Hughes) di US turun drastis dari 1553 pada jan 2009
> menjadi 895 rigs pada june 2009.
> Sejak june 2009, total rig counts di US naik dan terakhir 21 Aug 2009 naik 17
> rigs dari 14 Aug 2009.
>
> Terlampir adalah US rig counts sejak tahun 2000. Silahkan interpretasi
> sendiri apakah kenaikan harga minyak ini merupakan fundamental driven atau
> speculative driven. Kalau menurut saya, jumlah rig counts adalah representasi
> dari tingkat kepercayaan perusahaan minyak atas naik harga minyak, jika
> [...]

Kirim email ke